Voli Duduk

Voli Duduk

Voli duduk adalah olahraga yang memasuki paralimpiade Games sebagai olahraga demonstrasi untuk atlet dengan amputasi pada tahun 1976 di Toronto, Ontario, Kanada dan dimainkan sebagai olahraga medali sesudahnya.
olahraga regu yang menampilkan gerakan konstan, komunikasi, dan kerjasama regu. Dua regu dari enam pemain dipisahkan oleh jaring dan mencoba untuk mencetak poin dengan menggiling bola ke bidang pemain lawan.


Syarat dan ketentuan dalam voli duduk, jaring sepanjang 7 meter, lebar 0,8 meter ditetapkan pada ketinggian 1,15 meter untuk pria dan tinggi 1,05 meter untuk wanita. Atlet dengan kecacatan berikut memenuhi syarat untuk bersaing dalam voli duduk: atlet dengan amputasi, cedera medulla spinalis, cerebral palsy, cedera otak, dan stroke.

 

Cara Bermain

Dua regu dari enam pemain dipisahkan oleh jaring dan mencoba untuk mencetak poin dengan menggiling bola ke bidang pemain lawan. Sementara tim dalam versi stand-up dipisahkan oleh jaring yang dinaikkan, voli duduk dimainkan dari jaring yang lebih rendah. Dimensi pengadilan dalam voli duduk juga lebih kecil.

Perbedaan utama antara dua versi adalah bahwa duduk voli, seperti namanya, dimainkan dari posisi duduk. Setiap saat, panggul atlet harus bersentuhan dengan tanah, dan blok dan serangan layanan diperbolehkan.

Syarat dan ketentuan dalam voli duduk, jaring sepanjang 7 meter, lebar 0,8 meter ditetapkan pada ketinggian 1,15 meter untuk pria dan tinggi 1,05 meter untuk wanita. Dimainkan dalam format set best-of-five (5 kali permainan dengan 3 kali kemenangan), dan yang pertama mencapai 25 poin (dengan setidaknya dua poin) memenangkan set.