Catur

Catur

Chess atau catur adalah permainan strategi yang dimainkan oleh dua pemain menggunakan papan catur. Jenis papan permainan yang digunakan dalam permainan catur terdiri atas 64 kotak persegi (8 baris dan 8 kolom) yang disusun dalam dua warna berselang-seling. Tidak jauh berbeda dengan pertandingan catur pada umumnya.

Catur adalah cabang olahraga baru di Asian Para Games 2018. Pecatur Asian Para Games 2018 bertanding menggunakan ketangkasan otak dan mengatur strategi dalam memenangkan permainan. Dalam pertandingan Asian Para Games, permainan dibagi menjadi dua kategori yaitu standard chess dan rapid chess.

 

Cara Bermain

Cara bermain dan peraturan pada pertandingan catur Asian Para Games tidak berbeda dengan pertandingan catur umum. Selama permainan berlangsung, pemain harus memindahkan buah caturnya sesuai dengan peraturan, sambil menyingkirkan buah catur lawan dari papan permainan apabila memungkinkan, yang biasa disebut “memakan” atau “sekaktmat”.

Kemenangan pemain ditentukan oleh keberhasilan pemain dalam mengadakan ‘sekaktmat’. Selain sekakmat, kemenangan juga dapat diperoleh apabila lawan menyatakan telah menyerah secara sukarela, yang biasanya disebabkan karena jumlah buah catur yang tidak sebanding.