Boccia

Boccia

Boccia dipraktekkan selama bertahun-tahun sebagai kegiatan rekreasi. Olahraga ini pertama kali dimainkan di Italia. Pada tahun 1984, Boccia termasuk kedalam cabang olahraga Paralimpiade yang diatur oleh Federasi Olahraga Internasional Boccia (BISFed).

Olahraga ini baru dikenalkan di Indonesia tahun 2016. Boccia merupakan permainan yang membutuhkan strategi dan akurasi. Olahraga ini diperuntukkan khusus untuk para atlet penyandang cerebral pasly (kelumpuhan otak besar). Olahraga ini mengandalkan ketangkasan dalam melemparkan bola dengan posisi duduk di kursi roda.

 

Cara Bermain

Boccia merupakan olahraga ketepatan. Cara bermainnya dengan melempar bola. Bolanya berdiameter 100 milimeter, dengan berat 275 gram. Masing-masing pemain melempar dua bola. Sementara untuk permainan berpasangan, tiap orang melempar tiga bola, dan untuk tunggal melempar enam bola.

Durasi pertandingannya berbeda-beda. Empat menit untuk tunggal, lima menit untuk pasangan, dan enam menit untuk tim beregu. Ada tiga warna dalam boccia: putih, merah, dan biru. Putih merupakan bola jack, bola pertama yang dilempar olah salah satu tim. Bola ini yang akan menjadi sasaran lempar enam bola merah dan enam biru yang dipegang para tim. Bola yang terdekat dengan jack yang dihitung poin.

Pelemparan bola dilakukan bergantian. Jika tim lawan belum bisa melampaui lemparan yang paling dekat dengan jack, maka timnya akan melempar terus bahkan sampai bola habis. Seandainya gagal melakukan lemparan yang lebih baik dibanding lawan, maka pemain memberi peluang tim pesaing mendapat poin lebih banyak.