Bulu Tangkis

Bulu Tangkis

Badminton telah menjadi salah satu olahraga yang digemari oleh seluruh lapisan masyarakat. Badminton juga menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan dalam ajang Paralimpiade. Paralimpiade badminton pertama kali diadakan di Amersfoort, Belanda pada tahun 1998.

Mirip dengan pertandingan badminton umum, pertandingan badminton Asian Para Games dibagi menjadi kategori tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Atlet yang ditandingkan dalam Asian Para Games adalah: 1) two wheelchair classes (WH); 2) two standing classes for lower limb impairment (SL); 3) one standing class for upper limb impairment (SU); 4)one class for short stature athletes (SS).

 

Cara Bermain

Badminton adalah olahraga yang dimainkan dengan raket dan shuttlecock (sasaran yang berbulu untuk menggantikan bola). Badminton dimainkan single (2 orang) atau ganda (4 orang).

Atlet badminton harus memasukkan sebanyak 21 poin lebih dulu dari tim lawan. Nilai atau poin didapat tiap kali berhasil mendaratkan shuttlecock ke area lawan, atau ketika lawan melakukan pelanggaran yang berarti lawan gagal memukul kembali shuttlecock ke wilayah permainan. Tim atau pemain yang berhasil mendapatkan poin terbanyak dinyatakan sebagai pemenang pertandingan.