Panahan

Panahan

Panahan diperkenalkan sebagai olahraga Paralimpiade pada tahun 1960 yang diselenggarakan di Roma. Panahan merupakan olahraga yang mengutamakan presisi, konsentrasi dan kekuatan. Permainan cabang olaharaga panahan tidak terlalu berbeda dengan panahan umum. Perbedaannya adalah atlet dibagi menjadi dua kategori yakni panahan nomor berdiri dan atlet panahan nomor kursi roda.

Adapun kategori panahan yang dipertandingkan antara lain :

  1. Recurve Open untuk kategori pria
  2. Recurve Open untuk kategori wanita
  3. Compound Open untuk kategori pria
  4. Compound Open untuk kategori pria
  5. W1 untuk kategori pria
  6. W1 untuk kategori wanita
  7. Kategori regu campuran: Recurve, Compound and W1

 

Cara Bermain

Dalam pertandingan panahan, ukuran target dan jarak berdiri pemanah ke target berbeda berdasarkan kategori yang dikompetisikan. Dalam pertandingan tunggal, pemanah menembakkan 72 panah pada 10 titik target lingkaran yang dibagi menjadi 12 putaran, masing-masing terdiri dari enam panah.


Setiap pemanah diberi kesempatan empat menit per putaran. Dalam pertandingan eliminasi tunggal, para pemanah dengan nilai tertinggi akan menembakkan 15 panah dalam pertandingan satu lawan satu. Pemanah recurve memanah pada sasaran target diameter 1.22 m dan jarak garis tembak 70 m. Sedangkan untuk pemanah compound berdiri sejauh 50 m dan menembak pada sasaran target diameter 80 cm.