Menikmati Keindahan Wisata Pantai Karang Nini Pangandaran yang Biru nan Eksotis

Menikmati hari-hari libur, tentu tak lengkap rasanya bila hanya duduk manis di rumah. Anda bisa coba buat mengunjungi tempat-tempat wisata bareng keluarga maupun teman-teman. Nah, bagi Anda yang tinggal di seputaran Jawa Barat, mengunjungi wisata Pantai Karang Nini Pangandaran bisa jadi pilihan liburan yang tepat.

Lokasi tepatnya berada di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Di sini, Anda dapat keindahan pantai yang begitu asri dengan pemandangan eksotis. Tak heran, jika ada banyak wisatawan lokal maupun dari luar daerah sengaja mendatangi lokasinya. Terutama di hari libur kerja ataupun libur sekolah

Keindahan Wisata Pantai Karang Nini Pangandaran

Berlibur ke wisata Pangandaran akan memberikan banyak pengalaman baru yang berbeda dari pantai-pantai kebanyakan. Pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan cantik birunya lautan, serta keindahan karang yang memukau. Tapi tahukah Anda mengenai legenda terbentuknya karang tersebut?

Konon kabarnya, keindahan karang ini dikenal sebagai legenda jelmaan ambu kolot atau yang dikenal karang nini. Sedangkan legenda dari wujud aki agra plara adalah bale kembang. Bagaimana pun cerita asalnya, penting bagi Anda buat mengabadikan momen liburan dan keindahan Pantai Karang Nini.

  • Indahnya Pemandangan Siluet

Berkunjung ke Pantai Karang Nini akan lebih lengkap bila Anda mengabadikan pesona siluet matahari yang muncul. Tentu saja keindahannya sangatlah menggoda dan sangat sayang dilewatkan.

Siluet di Pantai Karang Nini berada di ufuk timur dengan bayangan pemandangan yang menakjubkan. Pemandangan ini bahkan bisa Anda Anda saksikan saat masih berada di pintu masuk pantai. Menyaksikannya dari pinggiran pantai membuat pemandangan terlihat seperti berlian yang benar-benar menyilaukan mata.

  • Perlintasan Kereta Api sebagai Saksi Sejarah

Saat mengunjungi wisata Pantai Karang Nini Pangandaran, Anda bisa sekaligus menikmati spot sejarah. Terdapat sebuah jalur kereta api yang dibangun ketika masa penjajahan Belanda dan masih bisa dilihat sampai sekarang. Peninggalan ini menjadi saksi sejarah atas perjuangan bangsa Indonesia jaman dulu.

Pemandangan jalur lintasan kereta api tampak menghilang di ujung terowongan Wilhelmina. Terowongan kereta api ini sudah berumur sangat tua, sehingga tidak beroperasi lagi sejak tahun hingga menjadi wisata ekspedisi.

  • Destinasi Wisata Flora dan Fauna

Meski tujuan utama Anda adalah kawasan pantai, namun di sini Anda juga bisa mengenal berbagai jenis flora dan fauna. Destinasi wisata yang satu ini menjadi tempat tinggal beraneka ragam tumbuhan dan hewan liar. Untuk jenis flora yang bisa Anda lihat, misalnya saja berbagai jenis pohon jati dan mahoni.

Adapun sebagai penambah wawasan, Anda bisa mengamati bagaimana proses kegiatan pengelolaan hutan pohon jati hingga kegiatan produksinya. Termasuk di antaranya adalah proses penyemaian dan pemeliharaan hutan.

Sedangkan jenis untuk satwa liar, Anda bisa menemukan binatang kera maupun lutung yang keberadaannya mulai langka di Indonesia. Beberapa satwa liar lain yang bisa Anda jumpai, yakni kancil, tupas, ayam hutan, binatang landak,  trenggiling, dan lain sebagainya.

  • Mencoba Serunya Surfing

Bukan hanya pemandangan alamnya saja yang akan mengisi perjalanan liburan di Pantai Karang Nini. Melainkan, Anda akan disuguhi jenis olahraga air surfing dengan ombak dengan gelombang cukup tinggi.

Namun perlu diingat agar selalu memperhatikan keselamatan. Pasalnya, ada begitu banyak karang di area pantai Pangandaran dan cukup berbahaya jika terkena para pelaku surfing.

Beragam Fasilitas di Pantai Karang Nini

Sebagai destinasi wisata bahari, Anda akan disuguhi beragam fasilitas di sini.  Ada banyak fasilitas yang disajikan, diantaranya seperti jogging track. Fasilitas ini disuguhkan bagi Anda yang ingin melihat indahnya pepohonan yang berjejer dan hutan mangrove di Pantai Karang Nini.

Ada pun lokasi warung-warung makan yang nampak berderet dan menyediakan banyak menu kuliner. Misalnya saja minuman kelapa muda, pecel, karedok serta menu lain yang bisa didapatkan di sini. Anda dapat menyantap menu makanan ditemani suasana rimbun dan udara sejuk, karena banyaknya pepohonan besar.

Menambah suasana alam yang masih asri, Anda pun bisa mendengarkan kicauan burung liar. Fasilitas selanjutnya adalah shelter yang bisa Anda manfaatkan bila cuaca tengah panas. Keberadaannya membuat Anda tidak lagi harus harus membakar tubuh secara langsung di bawah sinar matahari.

Ada pula menara pandang yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati pemandangan pantai dari ketinggian. Anda bisa melihat keindahannya dari dengan bantuan teropong yang sudah disediakan pihak pengelola. Anda pun bisa menikmati hidangan ikan bakar sembari menikmati deburan ombak dan laut biru yang membentang. Tunggu apa lagi? Segera kunjungi wisata Pantai Karang Nini Pangandaran!

 

Leave a Comment