20 Contoh Usaha Makanan Ringan yang Menjanjikan

Usaha makanan ringan kekinian kini makin hits. Modal untuk membuka usahanya juga tidak terlalu besar. Bahkan, bisnis ini dapat dimulai dari pinggir jalan.

Hal tersebut menjadi alasan mengapa bisnis ini sangat direkomendasikan. Termasuk buat orang-orang yang baru memasuki dunia bisnis alias pemula.

Perlu diketahui bahwa ada banyak orang yang melirik bisnis-bisnis ini agar dapat menghasilkan uang dan menjadi entrepreneur. Namun, karena inovasi atas makanan ringan bisa dilakukan secara leluasa, ide untuk membuka usaha yang lain dari yang lain pun tidak akan habis.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas beberapa contoh bisnis makanan ringan yang cukup menguntungkan buat masa depan. Selamat menyimak.

Usaha makanan ringan ala Indonesia yang dibuat sendiri

Bila sekarang ada banyak sekali makanan ala barat yang sedang hits, maka sebenarnya Anda pun dapat mengangkat makanan tradisional Indonesia untuk dibawa ke kancah nasional dan disukai oleh milenial.

Kuncinya, harus ada inovasi tertentu supaya produk tersebut disenangi oleh masyarakat. Misalnya dengan pengemasan yang modern atau cita rasa yang semakin legit di mulut.

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan ringan yang dapat menjadi inspirasi bisnis Anda:

1. Serabi

Jajanan Indonesia yang cukup populer baik secara nasional maupun internasional adalah serabi. Hal ini dibuktikan dengan adanya Serabi Notosuman yang kini sudah dikenal secara domestik, bahkan hingga mancanegara.

Meski asalnya dari Jawa, pembelinya sudah meluas sampai seluruh Indonesia.

Notosuman hanyalah contoh dari satu merek serabi yang terkenal. Di desa-desa dan area kabupaten lain, menu ini juga cukup menjadi favorit.

Yang menarik, saat ini tidak banyak orang yang membuat menu tradisional lezat satu ini. Karena kurangnya pesaing, contoh usaha makanan ringan ini sangat menjanjikan.

Kunci dari keberhasilan usahanya terletak pada kemampuan penjual dalam membuat serabi yang lezat. Selain itu, pembeli biasanya juga lebih senang dengan konsep open kitchen.

Dengan konsep seperti ini, serabi bisa dinikmati dalam kondisi masih hangat. Selain itu, ada kepuasan tersendiri dapat melihat pembuatan serapi yang masih menggunakan alat masak tradisional.

Agar laris dan menjangkau pasar milenial, Anda dapat menambahkan pilihan topping dan rasa dengan pengemasan yang menggabungkan unsur tradisional dan modern.

2. Gethuk

Berikutnya adalah gethuk. Saat ini, gethuk menjadi salah satu menu yang cukup menarik dan makin banyak disukai. Hal ini terjadi lantaran banyak orang yang membagikan keindahan gethuk di media sosial seperti instagram.

Dengan tampilan warna-warni yang menggugah selera dan bentuk yang menarik, banyak yang menyukai menu satu ini.

Apabila mau membuka bisnis ini, Anda perlu menyiapkan rombong untuk berjualan. Agar menunya variatif, biasanya gethuk dijual bersama jajanan pasar lainnya. Mulai dari klepon, puthu, hingga cetot.

3. Gorengan

Siapa yang tidak suka gorengan, hampir semua orang Indonesia menyukainya. Bisnis ini sangat menjanjikan meski memang pesaingnya lumayan banyak.

Usaha makanan ringan ala Indonesia yang dibuat sendiri - gorengan

Sumber foto: Unsplash.com

Apalagi jika Anda dapat menyajikan gorengan dengan rasa yang lezat, masih hangat, dan harganya murah. Tentu banyak orang yang akan menyukainya.

Pastikan menu gorengan yang Anda jual lengkap, mulai dari pisang goreng, tempe goreng, menjes goreng, tahu brontak, bakwan, dll.

Kenali menu paling favorit dan buatlah menu tersebut dalam jumlah yang lebih banyak ketimbang yang lainnya.

4. Tahu crispy

Tahu crispy memang bukanlah contoh usaha makanan ringan terbaru. Sudah lama menu ini populer di Indonesia, khususnya di kota-kota besar.

Namun sampai sekarang, Anda tetap bisa mencoba peruntungan untuk menjual tahu crispy, baik di pedesaan maupun perkotaan.

Yang perlu Anda lakukan hanya berinovasi pada rasa dan tampilannya saja. Misalnya dengan mengisi tahu tersebut dengan jamur pedas, tahu bakso, atau menu original biasa.

Dengan begini, cita rasanya akan semakin kaya dan menarik buat para pembeli.

5. Tahu bulat

Menu satu ini sangat terkenal, baik di desa maupun di kota. Harga yang murah dan rasa yang lezat menjadi alasannya.

Makanan ringan atau camilan ini disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Jadi, potensinya sangat besar apabila dikembangkan dengan baik.

Bila tertarik menjalankan contoh usaha makanan ringan yang menjanjikan ini, maka silakan siapkan peralatan dapur dan mobil untuk berjualan keliling.

6. Cireng

Menu cireng menjadi favorit tak hanya di Jawa Barat, tetapi juga di seluruh Indonesia. Selain pangsa pasarnya luas, cireng juga sangat mudah dibuat.

Artinya, meskipun Anda baru di dunia kuliner, Anda dapat berlatih dengan cepat supaya dapat berjualan cireng.

Penjualannya dapat dilakukan dalam dua pilihan. Pertama, menjual cireng dalam kondisi matang. Kedua, menjual cireng beku yang sudah siap goreng.

Untuk opsi pertama, pangsa pasarnya adalah anak-anak dan remaja. Sementara pangsa pasar pilihan kedua adalah ibu rumah tangga yang ingin menghidangkan makanan hangat kepada keluarganya.

7. Cilok

Meskipun sudah lama ada, menu cilok tidak pernah membuat orang merugi. Makanan ringan satu ini adalah menu sejuta umat sehingga cepat laku saat dijual.

Persaingannya juga tergolong ketat. Tapi tetap saja, masing-masing penjual punya rezekinya sendiri dan dapat menjual produknya dengan cepat, setiap harinya.

Untuk menjalankan usaha makanan ringan yang menjanjikan ini, Anda butuh rombong. Boleh rombong untuk sepeda motor, boleh juga rombong dorong. Kemudian juallah secara berkeliling.

Kecuali jika memang ada lokasi yang sangat strategis, seperti dekat sekolah atau lokasi ramai lainnya. Maka Anda dapat menggunakannya untuk berjualan.

8. Pentol bakar

Sama dengan cilok, pentol bakar juga memiliki penggemarnya sendiri. Inovasi berbeda dari cilok ini juga laris di pasaran. Pembelinya tidak hanya anak-anak, tetapi juga dewasa. Bumbu yang dipakai ada yang manis (kecap saja), juga ada yang pakai bumbu pedas.

Cita rasa yang beragam ini menjadi pemuas para pembeli sesuai dengan selera mereka masing-masing.

9. Keripik

Ada banyak pilihan keripik yang dapat dijual dan berpotensi menghasilkan banyak keuntungan. Misalnya, snack keripik singkong, keripik tempe, keripik kentang, hingga keripik buah.

Usaha makanan ringan ala Indonesia yang dibuat sendiri - keripik

Sumber foto: Unsplash.com

Cita rasa yang berbeda pada masing-masing jenis keripik menjadi daya tarik tersendiri buat para pembeli. Ada yang asin, manis, hingga pedas.

Cara jualnya berbeda-beda, ada yang berjualan di pinggir jalan menggunakan rombong, ada pula yang buka toko khusus oleh-oleh yang di dalamnya ada keripik beraneka macam.

Nah, Anda dapat menjualnya secara offline dan online agar laris. Dengan begini, pangsa pasarnya akan lebih luas dan dapat menjangkau seluruh Indonesia.

10. Jamur crispy

Ada banyak sekali petani jamur di Indonesia. Hal ini bisa Anda manfaatkan dengan membuat olahan jamur. Salah satunya adalah jamur crispy. Peminat jajanan ini juga lumayan banyak, jadi pasti mendatangkan keuntungan.

Apalagi selain bisa dijadikan camilan, jamur crispy juga dapat menjadi lauk untuk makanan di rumah.

11. Sempol

Makanan dengan tusuk yang panjang ini menjadi primadona dalam beberapa tahun terakhir. Jajanan kaki lima yang biasanya dijual secara keliling ini memiliki rasa yang sederhana tapi bikin nagih.

Kebanyakan pelanggannya adalah anak-anak sehingga penjualannya berpotensi mengalami peningkatan. Sebab pada dasarnya anak-anak memang suka jajan.

Selain pangsa pasarnya yang berpotensi besar, harga sempol juga tidak mahal sehingga dapat dijangkau oleh semua orang.

12. Singkong keju

Singkong merupakan salah satu hasil pertanian di Indonesia yang jumlahnya cukup banyak. Pohonnya sangat mudah tumbuh sehingga banyak petani yang menanamnya.

Oleh karena itu, sampai saat ini ada banyak jenis olahan singkong yang ada di pasaran. Hal tersebut merupakan bentuk inovasi agar singkong semakin dicintai.

Salah satu olahan tersebut adalah singkong keju. Dengan proses pembuatan yang sederhana, Anda dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar dari contoh usaha makanan ringan ini.

Selain singkong keju, hasil tani ini juga jadi bahan pokok untuk gethuk, roti singkong, hingga keripik.

Contoh usaha makanan ringan unik yang dapat Anda coba

Selain produk-produk di atas, Anda dapat mengembangkan bisnis dari beberapa produk yang unik sesuai dengan inovasi dalam memasak. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

13. Jasuke

Jasuke merupakan salah satu menu inovasi yang dibuat dari bahan dasar jagung. Bila biasanya Anda menemui olahan jagung berupa jagung bakar dan rebus, kini beda lagi. Ada cita rasa yang unik saat menikmati menu makanan ini.

Contoh usaha makanan ringan unik yang dapat Anda coba - jasuke

Sumber foto: Unsplash.com

Hal ini karena ada perpaduan jagung, keju, dan susu di dalamnya. Selain karena cita rasa, pengemasan produk ini juga tergolong rapi dan menarik sehingga cocok buat jajan.

14. Pizza colorful

Pizza merupakan menu jajanan yang kian naik daun di Indonesia. Menu ini sekarang tak hanya bisa dinikmati oleh orang dari kalangan atas, tetapi juga menengah ke bawah.

Hal ini karena ada banyak penjual pizza rumahan yang menjual produknya dengan harga murah.

Nah, apabila Anda tertarik untuk menjalankan usahanya juga, silakan buat pizza dengan inovasi baru. Pertama dengan menjual pizza yang rasanya gurih seperti biasa. Kedua, cobalah buat pizza aneka warna yang rasanya manis. Konsepnya seperti terang bulan warna-warni tapi dough-nya pakai pizza.

15. Donat stik warna-warni

Donat juga memiliki pangsa pasarnya sendiri. Menu jajanan ini tidak hanya disukai oleh anak-anak, tetapi juga orang dewasa.

Contoh usaha makanan ringan unik yang dapat Anda coba - Donat Stik Warna Warni

Sumber foto: Pexels.com

Nah, alih-alih membuat donat seperti biasanya, Anda dapat berinovasi dengan model baru. Misalnya dengan membuat stik donat dan membubuhkan topping di salah satu ujung stik tersebut. Tampilan donat pun jadi terlihat berbeda dan menarik banyak pembeli.

Anda juga bisa membuat konsep oleh-oleh donat yang sudah dikemas dalam sebuah kotak. Agar variasinya banyak, silakan buat donat dalam berbagai bentuk dan topping.

16. Stik kentang keju

Kentang goreng memang menjadi menu yang sangat banyak peminatnya. Tapi sekarang, Anda pun dapat membuat jajanan unik dari kentang dan lebih tahan lama dibanding kentang goreng.

Menu tersebut adalah stik kentang keju. Dengan menu ini, Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Karena selain bisa langsung dimakan, stik kentang keju juga cocok untuk dikemas dalam bentuk makanan ringan kekinian.

Produk ini akan tahan lama apabila pengemasannya baik. Sangat cocok dimasukkan ke toples sebagai suguhan saat ada tamu yang datang.

17. Pisang coklat stik

Pisang menjadi salah satu buah yang bisa dibuat apa saja. Mulai dari pisang goreng, sale pisang, hingga keripik.

Yang terbaru, Anda dapat membuat stik pisang coklat. Cara membuatnya adalah dengan menaruh pisang pada stik es krim kemudian diberi coklat dan berbagai macam topping.

Tentu saja, hal ini akan membuat anak-anak suka sekaligus menjadi solusi buat anak yang tidak mau memakan buah-buahan.

Usaha makanan ringan yang dapat dititipkan di warung

Apabila Anda punya keahlian membuat produk tapi tidak punya cukup waktu untuk menjualnya, maka sistem konsinyasi (titip) merupakan solusi terbaik.

Caranya adalah dengan membuat produknya kemudian dititipkan ke warung-warung yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Pastikan untuk memilih warung yang ramai pembeli atau paling tidak potensinya besar. Misalnya, menitipkan produk ke kantin kampus, kantin ma’had atau pondok pesantren, hingga menitipkannya ke warung aneka makanan ringan.

Hal serupa juga dapat dilakukan saat seseorang mengambil peluang usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa. Sebab bagaimana pun, seorang mahasiswa biasanya butuh mengatur waktu antara masak dan menjajakan dagangannya.

Dengan sistem konsinyasi, mereka pun hanya perlu meluangkan waktu untuk membuat produk tanpa harus pusing memikirkan waktu penjualannya.

Berikut ini adalah beberapa pilihan makanan ringan yang dapat Anda pilih:

18. Usaha makanan ringan serba 2000

Ada banyak sekali usaha makanan ringan serba 2000 yang dapat Anda coba. Misalnya, kacang goreng, kacang telur, hingga kacang mete yang sudah dibungkus plastik kecil-kecil.

Selain camilan tersebut, Anda bisa menjual jajanan lain. Silakan pergi ke pasar terdekat dan carilah menu-menu kue kering yang paling banyak disenangi orang dan label harganya murah. Biasanya, camilan ini dijual secara grosir dengan hitungan per kilogram.

Jangan lupa sekalian membeli plastik kecil untuk membungkus camilan-camilannya. Anda mungkin juga membutuhkan alat untuk memastikan bahwa makanan di dalam plastik tersebut aman dan tidak mudah lembek.

Kalau belum ada alat pres yang mahal, silakan manfaatkan lilin untuk membakar plastiknya. Dengan begini, Anda dapat menjual produk dengan harga yang murah tanpa perlu mengeluarkan modal yang banyak. Jadi, Anda tidak akan rugi.

Selanjutnya, silakan titipkan produk yang sudah siap ke warung-warung terdekat. Gunakan sistem konsinyasi yang saling menguntungkan antara Anda dan pemilik warungnya.

19. Aneka kue basah

Apabila Anda punya kemampuan untuk membuat kue basah, maka manfaatkanlah untuk membuat berbagai macam kue basah. Kemudian, titipkan produk-produk yang Anda buat ke penjual yang lebih besar.

Usaha makanan ringan yang dapat dititipkan di warung - aneka kue basah

Sumber foto: Unsplash.com

Umumnya, penjual ini memiliki banyak pemasok dan menjual dagangannya di pagi hari. Oleh karena itu, agar sukses terus dan menjadi pemasok dalam jangka waktu lama, Anda perlu memberikan kualitas terbaik pada pelanggan.

Sangat sayang bila produk yang dijual nanti tidak habis atau ada sisa. Karena kebanyakan kue basah tidak bisa tahan lama.

Jangan lupa, patok harga yang sesuai untuk produk kue basah tersebut. Jangan sampai kemahalan atau terlalu murah karena dapat merusak harga dan mungkin akan membuat Anda rugi.

20. Aneka kue kering

Terakhir, Anda juga dapat menjual aneka kue kering. Produk ini biasanya dapat dititipkan di super market, mini market, toko kue, hingga bakery. Produknya tahan lama sehingga tidak harus dijual secara langsung sampai habis.

Karena produknya yang tidak langsung habis, Anda tidak perlu membuatnya setiap hari. Meski begitu, supaya tetap dapat menghasilkan uang setiap harinya, cobalah buka pemesanan kue kering secara online. Dengan begini, Anda akan memiliki pelanggan secara langsung selain menjajakannya lewat pihak ketiga.

Itulah beberapa jenis dan contoh usaha makanan ringan yang menguntungkan apabila dijalankan dengan telaten. Cukup banyak pilihannya, jadi silakan pilih berdasarkan passion dan skill Anda.

Leave a Comment