Cara Root HP Xiaomi 5A Tanpa PC Hanya dengan Aplikasi

Cara root HP Xiaomi 5A tanpa PC kini bisa anda lakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi. Memang ketika melakukannya tidak mudah. Redmi 5A merupakan varian HP yang paling murah dari beberapa seri Redmi 5. Sebelum melakukan root pada perangkat Xiaomi Redmi 5A, ada baiknya mengetahui pengertian dari root.

Istilah rooting kini sudah sangat familiar bagi pengguna Android. Orang-orang lebih mengenal istilah ini dengan kata ngoprek. Biasanya rooting memiliki tujuan tertentu, misalnya untuk memaksimalkan kinerja smartphone.

Rooting mampu memberikan akses penuh bagi user untuk mengubah dan memodifikasi sistem Android. Kurang lebih cara kerja root sama dengan administrator pada Windows. Dengan begitu, root bisa mengubah dan mempunyai hak untuk keseluruhan sistem perangkat Android.

Root pada HP Xiaomi tidak serta merta untuk meningkatkan performa saja. Rooting juga bisa membuka pintu dalam mengembangkan sistem operasi pada Android. Perlu anda ketahui, melakukan root bisa mengakibatkan garansi smartphone hilang. Segala risiko yang timbul merupakan tanggung jawab anda sebagai pemilik HP Xiaomi Redmi 5A.

Cara Root HP Xiaomi 5A Tanpa PC

Ada beberapa faktor yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan root HP Xiaomi Redmi 5A. Hal ini mampu menentukan keberhasilan dan kegagalan yang akan anda alami. Faktor tersebut adalah user yang harus selalu memperhatikan urutan langkah root yang benar.

Sebab, banyak user yang tidak memperhatikan langkah sehingga mengalami kegagalan. Faktor lain yang menyebabkan kegagalan adalah anda yang sudah mengotak-atik HP terlebih dahulu. Hal ini akan menyebabkan jeroan tidak asli lagi, maka tidak akan working 100%.

Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan:

Gunakan Aplikasi Towelroot

Sekarang melakukan root tidak perlu lagi menggunakan PC. Melakukan root bisa hanya dengan satu klik menggunakan Towelroot. Inilah cara root menggunakan Towelroot:

  1. Aktifkan sumber tak dikenal pada Redmi 5A agar bisa memasang aplikasi dari luar Play Caranya dengan masuk ke menu Setting, lalu Security dan anda bisa mencentang Unknown Source.
  2. Setelah itu, anda bisa mengaktifkan debugging dengan pergi ke menu Setting dan memilih opsi D
  3. Download Apk Towelroot dan instal.
  4. Buka aplikasi dan tekan pada “Make It Rain”
  5. Setelah 15 menit, anda bisa melakukan reboot pada ponsel.
  6. Untuk memastikan langkah ini berhasil, anda bisa menginstal aplikasi Root Checker.

Menggunakan Aplikasi KingRoot

Cara root HP Xiaomi 5A tanpa aplikasi berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi KingRoot. Aplikasi ini berfungsi untuk membuka source Redmi 5A. Sehingga memudahkan pengguna untuk memodifikasi ponsel sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

  1. Anda harus mendownload aplikasi King Root terlebih dahulu.
  2. Berikutnya anda bisa melakukan pemasangan aplikasi. Jangan lupa anda untuk mengaktifkan sumber tak dikenal pada pengaturan.
  3. Sebelum melakukan root, pastikan HP memiliki daya minimal 50 persen. Tak hanya itu, pastikan juga ponsel terhubung dengan jaringan internet.
  4. Jika sudah, jalankan aplikasi King Root dan klik lingkaran yang bertuliskan “Root”.
  5. Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi pemasangan King Master atau King User. Anda bisa memilih opsi Ya.
  6. Anda bisa menunggu beberapa saat. Apabila ada notifikasi berwarna hijau, maka root sudah berhasil.
  7. Matikan ponsel dan hidupkan kembali.

Menggunakan Aplikasi Frama Root

Jika kedua cara diatas belum berhasil, anda bisa mencobanya dengan menggunakan aplikasi Frama Root. Dimana merupakan aplikasi yang berguna untuk membuka source dari HP Xiaomi 5A. Caranya cukup mudah dan tidak membingungkan anda yang masih pemula.

Inilah cara root HP Xiaomi 5A tanpa PC:

  1. Hal yang harus anda lakukan pertama kali adalah mengunduh aplikasi Frama Root, lalu memasangnya.
  2. Anda bisa membuka aplikasi Frama Root dan memilih menu “Select an action to execute after root”.
  3. Pilih opsi “Install Superuser”
  4. Klik opsi Gaganlf, maka aplikasi akan otomatis melakukan proses root pada HP Xiaomi Redmi 5A.
  5. Jika proses sudah selesai, akan muncul notifikasi berupa “Superuser and su binary pasanged. you have too reboot your device”.
  6. Tekan tombol OK, ponsel anda akan melakukan restart dengan otomatis.
  7. Setelah itu, cari aplikasi SuperSu dan pasang binary dengan mode normal.

Nah, itulah cara root HP Xiaomi 5A tanpa PC yang bisa anda coba. Lakukan dengan hati-hati dan sabar. Sebab, salah langkah akan menyebabkan proses root tidak berhasil.

Leave a Comment