Cara Root HP Samsung J2 Prime

Cara root HP merupakan informasi yang saat ini banyak pengguna smartphone cari. Biasanya produsen ponsel cerdas seperti Samsung menetapkan batasan untuk menghentikan anda mencapai manuver tertentu.

Untuk melawan batasan produsen, ada proses efektif yang kita kenal sebagai root. Jika anda ingin mengambil daya total Samsung Galaxy J2 Prime, metode terbaik adalah dengan melakukan root.

Namun, anda tetap harus berhati-hati karena perusahaan menetapkan batasan perangkat lunak untuk menghentikan anda melakukan root. Jika anda melakukan root pada ponsel anda, itu juga dapat membuat perintah berbahaya.

Jadi, sebaiknya anda melakukan root jika benar-benar membutuhkan. Intinya melakukan root pada HP mempunyai kelebihan dan juga kekurangan.

Inilah Cara Root HP Samsung J2 Prime

Dengan menggunakan Samsung Galaxy J2 Prime yang telah anda root, anda akan mendapatkan beberapa kelebihan. Anda bisa meningkatkan efisiensi Samsung Galaxy J2 Prime dengan melakukan overclock pada CPU.

Meningkatkan masa pakai baterai Samsung Galaxy J2 Prime, karena anda bisa instal atau hapus instalan aplikasi wajib tertentu. Sesuaikan Samsung Galaxy J2 Prime anda bersama dengan ROM pilihan anda

Namun, perhatian jika anda memutuskan untuk melakukan root pada Samsung Galaxy J2 Prime. Terlepas root Samsung Galaxy J2 Prime mencakup banyak kelebihan, ada beberapa kekurangannya.

Akibatnya, anda dapat membatalkan garansi Samsung Galaxy J2 Prime anda. Selain itu, juga akan membuat pelanggaran keamanan pada Samsung Galaxy J2 Prime.

Pada akhirnya, anda tidak memiliki kapasitas untuk menggunakan beberapa aplikasi pada Samsung Galaxy J2 Prime anda. Tetapi jika anda  tetap ingin melakukan cara root HP, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Tanpa Menggunakan PC

Anda harus mengaktifkan mode pengembang (Developer Mode) sebelum melakukan root. Anda juga harus membuka kunci OEM sehingga anda memiliki akses ke dalam sistem walau tidak sepenuhnya.

Caranya dengan membuka menu Pengaturan, lalu pilih Tentang Ponsel dan klik Informasi Perangkat Lunak. Jika sudah, ketik 7 sampai 10 kali secara terus-menerus pada Nomor Versi atau Build Number.

Nanti akan muncul sebuah pesan pop up yang memberitahu bahwa mode pengembang telah aktif. Kemudian anda bisa kembali ke menu Pengaturan, lalu gulir ke bawah dan akan ada menu mode pengembang.

Bukalah menu tersebut dan aktifkan dengan cara menggeser tombol ON. Gulir menu ke bawah sampai anda menemukan opsi buka kunci OEM, lalu aktifkan dengan cara yang sama.

Setelah itu, anda bisa mengunduh aplikasi KingRoot terbaru. Instal dan kemudian jalankan. Jangan lupa untuk mengaktifkan penginstalan aplikasi dari sumber tidak diketahui untuk memulai cara root HP.

Anda sudah bisa memulai root dengan cara menekan tombol Try It. Tunggu saja, biasanya proses root membutuhkan waktu 2 sampai 5 menit.

Jika proses sudah selesai, bukalah menu KingRoot Labs untuk mengetahui apakah perangkat telah berhasil anda root atau belum. Perlu anda ingat, jangan menghapus aplikasi tersebut karena juga akan menghapus akses root.

Menggunakan PC

Cara yang lebih baik memang menggunakan PC dan anda perlu menginstal TWRP. Anda perlu mengaktifkan mode pengembang dengan masuk ke Pengaturan, lalu pilih Tentang Perangkat. Kemudian klik Versi Pita Basis 6-8 kali.

Lalu aktifkan USB Debugging dengan masuk ke menu Pengaturan, pilih Opsi Pengembang dan klik Pendebug USB. Anda juga perlu mengunduh Driver USB Samsung dan program Odin.

Tentu saja anda juga perlu mengunduh TWRP Samsung dan mempersiapkan ponsel, PC, dan kabel data. Jika semua persiapan telah lengkap, anda bisa memulai cara root HP.

Pertama masuk ke Download Mode dengan menekan kombinasi tombol Power+Home+Volume Bawah. Lepaskan tombol jika sudah muncul logo Samsung dan tekan volume atas.

Kemudian jalankan program Odin dengan cara klik kanan, lalu pilih Run As Administrator. Akan muncul menu Option dan biarkan settingan default pada F.Time Reset serta Auto Reboot.

Lalu sambungkan Samsung ke PC menggunakan kabel data/ ID:COM pada Odin akan berwarna biru jika perangkat terbaca. Klik menu AP pada Odin dan cari installer TWRP dengan format TAR.MD5.

Tunggulah sampai muncul pesan ADDED pada Message Box. Untuk memulai pemasangan TWRP, klik tombol Start. Ini tak akan butuh waktu lama.

Nantinya akan muncul pesan “PASS” dalam kotak hijau, perangkat akan restart dan masuk. Jika HP secara otomatis tidak masuk ke TWRP, klik kombinasi tombol Home+Power+Volume Atas. Jika sudah, proses pemasangan TWRP ke ponsel anda telah berhasil.

Itulah dua cara root HP Samsung J2 Prime tanpa PC dan dengan menggunakan PC. Anda bisa memilih salah satu yang anda sukai atau sesuaikan kebutuhan.

Sumber : http://www.husnaramdani.com/

Leave a Comment