Cara Membuat Tape Ketan Khas Kuningan Mudah dan Aman

Cara membuat tape ketan khas Kuningan tidaklah sulit. Peuyeum atau nama lain dari tape ketan merupakan makanan khas tanah Sunda, khususnya Kabupaten Kuningan. Makanan khas ini merupakan buruan utama para wisatawan yang berlibur ke wilayah ini.

Dari namanya saja sudah terlihat bahwa tape ini terbuat dari bahan dasar ketan. Tentu saja tape merupakan hasil fermentasi dari bahan pembuatannya, yaitu ketan. Kuliner khas ini memiliki rasa yang unik asam yang bercampur dengan rasa manis.

Inilah yang merupakan salah satu alasan mengapa orang-orang banyak mencarinya. Beruntung bahan dasar dari tape ini mudah mencarinya. Sehingga produksi tape ketan bisa tetap berjalan dengan baik.

Bagi mereka yang baru saja masuk kawasan Kuningan pasti heran dengan rasa tape ini. Sebab tape asli Kuningan memiliki rasa dan tekstur yang berbeda. Uniknya lagi, orang-orang yang menjual tape ketan ini menggunakan ember hitam yang berukuran besar atau kecil. Mungkin tak terlintas pada benak mereka bahwa dalam ember tersebut berisi tape ketan yang rasanya sangat lezat.

Cara Membuat Tape Ketan Khas Kuningan

Berdasarkan sejarah, tape ketan berasal dari Cibereum, Cibinong, Kuningan. Penyajian kuliner ini dulunya hanya ketika hari besar agama Islam saja. Biasanya saat menjelang hari raya Idul Fitri atau Idul Adha.

Karena rasanya yang lezat, tape ketan sering sebagai hidangan pada banyak acara. Bahkan kini tape ketan sudah banyak di pasaran dan merupakan kuliner khas. Tentunya jumlah stok lebih banyak dari zaman dulu.

Meskipun terlihat sederhana, pembuatan tape ketan melalui beberapa tahapan yang cukup rumit. Pengolahan tape menggunakan beras ketan putih yang melalui rangkaian fermentasi. Pada proses ini menggunakan daun jambu sebagai pembungkus tape ketan.

Proses fermentasi pada tape mampu meningkatkan kandungan vitamin B1. Vitamin ini baik bagi sistem saraf, sel otot, dan sistem pencernaan bagi tubuh anda. Tape ketan juga bisa mengobati pegal-pegal, diabetes dan menjaga kesehatan kulit.

Berikut adalah cara membuat tape ketan khas Kuningan yang sangat mudah:

Alat dan Bahan

  • 1/2 kg beras ketan putih
  • Gula pasir secukupnya
  • Air panas secukupnya
  • 1 liter air dingin
  • 2 sendok makan pandan pasta
  • Ragi secukupnya
  • Daun lengkuas
  • Daun katuk untuk memberikan warna hijau
  • Daun jambu air sebagai pembungkus

Cara Pembuatan

Langkah utama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan. Lalu, bisa mencuci beras ketan hingga bersih. Selanjutnya, anda bisa merendam beras ketan putih dengan air sebanyak satu liter dan pandan pasta dalam semalam.

Jika langkah pertama sudah selesai, anda bisa lanjut ke langkah berikutnya. Setelah proses perendaman, anda bisa meniriskan beras ketan. Berikutnya anda bisa mengukus ketan hingga meletup-letup.

Sambil menunggu beras ketan matang, anda bisa memanaskan air sebanyak 400 ml. Setelah itu, air bisa anda siramkan ke dalam ketan yang masih panas. Jangan lupa sambil mengaduknya sampai benar-benar rata dalam waktu 15 menit.

Cara membuat tape ketan khas Kuningan berikutnya adalah dengan mendinginkan beras ketan. Jika sudah, anda bisa menghaluskan beras ketan dengan tambahan lengkuas. Jangan lupa menambahkan daun katuk untuk memberikan warna hijau pada tape.

Anda harus mengaduk tumbukan tape hingga merata. Hal ini agar warna tercampur dengan baik. Jika warnanya kurang mencolok, bisa anda tambahkan lagi daun katuknya hingga warna sesuai selera anda.

Jika sudah, tambahkan ragi tipis-tipis hingga rata. Berikan gula pasir secukupnya dan bungkus kecil-kecil menggunakan daun jambu air. Simpan dalam tempat tertutup selama tiga hari.

Tanpa Pengawet Tetap Awet

Setelah mengetahui cara membuat tape ketan khas Kuningan, kini anda bisa mengetahui kelebihan dari makanan khas ini. Salah satunya adalah mampu bertahan dalam beberapa hari.

Tape ketan mampu bertahan 7-10 hari apabila penyimpanannya pada suhu ruangan biasa. Jika anda menyimpannya pada mesin pendingin, bisa bertahan hingga satu bulan lebih. Semakin lama anda menyimpannya, maka airnya juga akan semakin banyak.

Air tape ini bisa anda minum asal tidak terlalu banyak karena sifatnya memabukkan. Kini tape yang semakin terkenal bisa menciptakan lowongan pekerjaan bagi masyarakat Kuningan. Banyak usaha rumahan yang kini beralih profesi sebagai pembuat tape ketan.

Keuntungan sebagai industri tape ketan ini sangat banyak dan menjanjikan. Apalagi kini banyak pengunjung yang berwisata ke Kuningan. Daya tarik mereka terhadap tape tidak akan menurun.

Ternyata cara membuat tape ketan khas Kuningan ini memang rumit. Sehingga tidak heran jika rasanya memang sangat lezat dan unik.

 

Leave a Comment