Cara Membuat Tahu Lamping Khas Kuningan

Cara membuat tahu lamping khas Kuningan cukup populer di wilayah Jawa Barat. Tahu lamping memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan tahu khas Sumedang.

Akan tetapi, dari segi bentuk, tahu lamping sedikit memanjang serta memiliki tekstur yang garing dan lembut yang sangat menggugah selera.

Dibalik ciri khasnya yang cukup menarik tersebut, ternyata tahu lamping memiliki fakta yang jarang diketahui oleh sebagian besar masyarakat.

Bagi anda yang sedang melakukan perjalanan wisata di Kabupaten Kuningan Jawa Barat, atau hanya sekedar melintas di kota ini, sangat disarankan untuk mencoba kuliner kopeci atau tahu khas lamping ini.

Cara Membuat Tahu Lamping Khas Kuningan

Tahu lamping khas Kuningan atau bisa disebut juga dengan tahu kopeci memiliki tekstur yang lembut, dan dari segi isi bagian dalam, jenis tahu ini lebih berisi. Berbeda dengan tahu Sumedang yang cenderung kosong.

Namun dari segi rasa, keduanya memiliki cita rasa tersendiri dan juga layak untuk dicoba. Lokasi pusat penjualan makanan yang sangat kaya protein ini cukup strategis.

Lokasi tersebut masih berada di pusat kota Kuningan di Jl Veteran, tidak jauh dari Masjid Agung Kuningan atau di dekat taman kota Kuningan.

Atau lebih tepatnya dekat pintu masuk Kota Kuningan dari arah Kabupaten Majalengka, Ciamis, Tasikmalaya dan sekitarnya.

Mengetahui Cara Pembuatan Tahu Lamping Khas Kuningan

Cara membuat tahu lamping khas Kuningan cukup sederhana. Langkah pertama dalam pembuatan tahu ini adalah dengan merebus kedelai. Selanjutnya setelah kedelai direbus, kemudian ditiriskan serta digiling hingga lembut.

Proses berikutnya, ampas yang berupa air setelah proses penyaringan ulang selanjutnya dibuang. Sisa ampas yang sudah melewati proses penyaringan akan menjadi bahan baku golono yang selanjutnya dibuat makanan yang bernama comro.

Sementara untuk gilingan kedelai yang memiliki tekstur lebih halus dibuat tahu. Proses pembuatan tahu ini dilakukan dengan cara cairan kedelai disimpan pada dandang.

Yang kemudian cairan ditiriskan serta dibiarkan menggumpal. Langkah berikutnya, gumpalan berwarna putih terbentuk lalu dipotong persegi empat dengan menggunakan pisau atau lempengan besi bersih.

Cara membuat tahu lamping khas Kuningan selanjutnya adalah tahu ditiriskan dalam waktu yang tidak terlalu lama, kurang lebih lima hingga enam jam. Selanjutnya tahu digoreng dengan minyak mendidih.  Selain menjual tahu lamping, pada umumnya penjual juga akan menyajikan lontong sebagai teman bersantap.

Fakta Menarik Tahu Lamping atau Tahu Kopeci

Setelah mengetahui cara membuat tahu lamping khas Kuningan Jawa Barat, perlu anda ketahui bahwa kuliner tradisional satu ini juga menyimpan beberapa fakta menarik yang antara lain:

Sejarah Tahu Lamping

Sejarah kuliner satu ini berawal dari datangnya rombongan Tiongkok pada tahun 1945 yang waktu itu berlabuh di Kota Cirebon. Dalam sejarah ini menyebutkan bahwa salah seorang rombongan yang bernama Huang LamPing membuat makanan khas Tiongkok yang bernama Toufu.

Sebagai bentuk dari interaksi, Huang LamPing membagikan makanan tersebut kepada masyarakat sekitar dan ternyata makanan tersebut memperoleh respon yang positif dari masyarakat.

Diperkenalkan Melalui Atraksi Wingcun

Awalnya makanan tradisional asal Kuningan ini diperkenalkan oleh Huang LamPing melalui adanya atraksi khas Tiongkok yang bernama wingcun.

Dengan adanya atraksi bela diri satu ini dianggap sebagai salah satu tradisi untuk perkenalan yang dapat menarik perhatian masyarakat untuk mencicipi makanan yang di bawa Huang LumPing.

Menjadi Makanan Favorit Kerajaan Kuningan

Hingga saat ini, masyarakat sudah berasimilasi dengan warga Kuningan dan menjadi warga pribumi. Toufu menjadi salah satu panganan yang sangat digemari oleh kerabat Keraton Kuningan dan masyarakat umum kala itu.

Berbeda dengan Tahu Sumedang

Dilihat dari bentuknya, tahu lamping nampak mirip dengan tahu Sumedang. Yang menjadi perbedaan antara keduanya adalah tahu lamping memiliki bentuk serta tekstur yang lembut dengan isian yang cukup padat. Selain itu, dari segi rasa, tahu lamping memiliki rasa yang lebih gurih dan renyah.

Setelah mengetahui cara membuat tahu lamping khas Kuningan secara lebih jelas, bagi anda yang semakin penasaran dengan kuliner satu ini. Dapat menikmatinya dengan harga yang cukup terjangkau. Panganan tradisional ini dikemas dengan cukup unik menggunakan keranjang anyaman bambu. Tahu lamping paling pas dinikmati dengan cabai rawit dalam keadaan hangat.

Leave a Comment