Cara Membuat Manisan Khas Cianjur Wajib Anda Tahu

Pernah coba manisan khas Cianjur atau bahkan pernah dan tahu cara buat manisan khas cianjur? Cianjur adalah salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal karena memiliki budaya yang khas dan beragam. Jika Anda berkunjung ke kota ini, Anda akan disuguhkan dengan kekayaan alam yang indah, dan kuliner yang tidak kalah lengkapnya.

Berbicara tentang kuliner, Cianjur terkenal dengan makanan khasnya yaitu Tauco dan beras pandan wangi. Namun ternyata masih banyak makanan khas Cianjur lainnya, salah satunya adalah manisan. Bahkan, manisan ini tidak hanya ada di Cianjur, sudah banyak yang menjual makanan ini di berbagai daerah. Bahkan Anda bisa membuatnya sendiri asal mengetahui bagaimana cara membuat manisan khas Cianjur.

Manisan Cianjur banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki cita rasa yang manis karena dalam proses pembuatannya menggunakan gula sebagai salah satu bahan utamanya. Selain manis, cita rasa yang dihasilkan juga berbeda-beda tergantung jenis manisan apa yang Anda makan. Nah, sebelum mengetahui bagaimana proses pembuatan manisan khas Cianjur ini, yuk simak terlebih dulu informasi mengenai sejarahnya berikut ini.

Sejarah Manisan Khas Cianjur

Manisan khas Cianjur diperkirakan telah hadir sejak tahun 60an, sebelum menjadi kuliner khas Cianjur manisan ini digunakan sebagai solusi bagi masyarakat dalam mengawetkan bahan pangan. Tentunya bahan pangan yang dimaksud adalah buah-buahan dan ada juga yang menggunakan sayuran. Ini bukan hal aneh lagi karena Cianjur memiliki tanah yang subur yang menjadi tempat bagus sebagai produsen buah dan sayur.

Ketika masa panen buah, ada banyak buah yang tidak bisa dikonsumsi dan berakhir membusuk. Oleh karena itu, muncullah sebuah gagasan untuk mengawetkan buah-buahan tersebut dengan bahan-bahan tertentu yang berawal dari seorang perantau asal China. Akhirnya buah-buahan tersebut diproses menjadi sebuah jajanan yang sekarang dikenal dengan manisan.

Seiring waktu, manisan ini beralih fungsi menjadi makanan khas karena diminati oleh pengunjung yang sedang berkunjung ke Cianjur. Karena buah-buahan tersebut bersifat musiman, dengan demikian jenis manisan setiap musimnya berbeda-beda sesuai musim buah yang sedang dipanen. Hal inilah yang menjadi daya tarik tambahan dari manisan ini.

Nah, setelah mengetahui bagaimana sejarah dari manisan khas Cianjur. Sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana cara membuat manisan khas Cianjur berikut ini.

Cara Membuat Manisan Khas Cianjur sebagai Oleh-Oleh

Manisan khas Cianjur ini terkenal karena memiliki keawetan yang bisa bertahan lama, meskipun demikian proses pembuatannya terbilang mudah. Anda hanya memerlukan bahan utama, bumbu, dan peralatan yang digunakan saat pembuatannya.

Di Cianjur sendiri terdapat tiga jenis manisan, yaitu manisan basah, manisan kering dan juga acar. Dan yang lebih menarik lagi, semua jenis buah bisa digunakan sebagai bahan utama dari ketiga jenis manisan itu.

Untuk membuat manisan basah, Anda bisa menggunakan resep manisan buah berikut ini.

Bahan:

  1. Buah segar, bisa menggunakan salak, mangga muda, atau jenis buah lainnya.
  2. Cabai merah secukupnya, jangan lupa untuk ditumbuk menjadi tekstur yang kasar.
  3. Kapur sirih.
  4. Vanille
  5. Gula pasir.
  6. Air
  7. Garam

Beberapa bahan tersebut bisa Anda gunakan dengan secukupnya sesuai dengan porsi manisan yang akan dibuat.

 

Cara membuat manisan khas Cianjur:

  1. Kupas buah yang akan digunakan dan potong sesuai dengan selera.
  2. Cuci buah, dan pastikan getah yang ada hilang.
  3. Rendam buah dengan menggunakan kapur sirih dan garam selama satu jam.
  4. Cuci kembali dan tiriskan.
  5. Campur semua bahan dan bumbu yang telah disiapkan, kecuali buah yang digunakan sebagai bahan utama.
  6. Rebus bahan dan bumbu dalam api yang kecil, pastikan untuk mengaduknya hingga gula larut dan mendidih.
  7. Jika sudah mendidih, matikan api.
  8. Masukan buah yang digunakan sebagai bahan utama dan aduk hingga rata dengan bahan yang tadi sudah mendidih.
  9. Biarkan hingga gula menyerap dengan buah. Jika Anda menginginkan bumbu menyerap sempurna maka diamkan selama satu malam agar bumbu bisa menyerap dan rasa yang dihasilkan nikmat.
  10. Setelah menyerap, Anda bisa langsung mengkonsumsinya atau di simpan di dalam kulkas.

Itulah bagaimana cara membuat manisan khas Cianjur yang bisa Anda praktekan di rumah. Pastikan untuk memasaknya sesuai dengan bahan dan langkah-langkah yang tersedia.

 

Leave a Comment