Cara Melacak HP yang Hilang Dalam Keadaan Mati Dengan IMEI

Cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dengan IMEI penting untuk anda ketahui. Ketika ponsel anda hilang, baik itu diambil orang atau bahkan terjatuh di tempat lain, tentu membuat anda merasa sangat panik.

Terutama jika ponsel tersebut tersimpan banyak data serta kontak penting. Langkah pertama yang anda lakukan pasti langsung berusaha mencari cara untuk melacaknya.

Salah satu cara melacak keberadaan HP yang hilang dapat anda lakukan dengan melihat dari nomor IMEI ponsel tersebut.

Ini Cara Melacak HP yang Hilang Dalam Keadaan Mati Dengan IMEI

Dalam era serba digital saat ini, tiada hari tanpa penggunaan smartphone. Terutama bagi anda yang tiba-tiba kehilangan HP, hal ini tentu dapat membuat anda frustasi.

Bahkan jika ponsel yang hilang tersebut dalam keadaan mati, maka untuk menemukan kembali kemungkinannya sangat tipis. Sebagian besar orang hanya akan pasrah dengan kondisi ini.

Namun seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, anda dapat melacak keberadaan smartphone meskipun dalam keadaan mati sekalipun. Salah satu caranya adalah dengan melacak menggunakan nomor IMEI.

Sebelum anda mengetahui cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dengan IMEI, sebaiknya anda mengetahui yang dimaksud dengan IMEI.

Mengenal Kode IMEI

International Mobile Equipment Identity atau sering disingkat dengan IMEI merupakan sebuah angka yang pada umumnya terkonfigurasi secara unik pada perangkat HP.

Angka ini bermanfaat untuk mengidentifikasi ponsel 3GPP serta iDEN dan beberapa telepon satelit lainnya. Angka tersebut seringkali dicetak dalam kompartemen baterai ponsel.

Akan tetapi, juga sering ditampilkan pada layar sebagian besar ponsel dengan memasukkan *#06# pada dial pad. Atau di samping informasi sistem lainnya yang terdapat dalam menu pengaturan pada sistem operasi smartphone.

Jaringan GSM memakai nomor IMEI dalam identifikasi perangkat yang valid. Lalu dapat menghentikan HP curian dalam mengakses jaringan. Perangkat tanpa adanya slot kartu SIM tidak akan mempunyai kode IMEI.

Akan tetapi, IMEI hanya akan mengidentifikasi perangkat serta tidak memiliki hubungan tertentu dengan pelanggan. Telepon akan mengidentifikasi pelanggan serta mengirimkan nomor International Mobile Subscriber identity (IMSI) yang tersimpan pada kartu SIM.

Hal ini secara teori dapat ditransfer ke handset apapun. Akan tetapi, jaringan mampu mengetahui pemakai serta pemilik seluler saat ini, maka perangkat individu akan mengaktifkan banyak fitur jaringan serta keamanan.

Tips Melacak HP yang Hilang Dengan Menggunakan Nomor IMEI

Bagi anda yang akan melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dengan IMEI, maka anda harus mempunyai surat keterangan hilang dari pihak berwajib.

Yang selanjutnya surat tersebut dapat anda gunakan untuk meminta operator seluler dalam melacak HP hilang dengan menggunakan nomor IMEI. Mungkin anda membayangkan cara ini cukup ribet.

Terlebih anda diharuskan untuk bolak-balik mengurus surat keterangan dari kantor kepolisian dan dari pihak kartu selular yang anda gunakan.

Namun perlu anda ketahui, melacak smartphone yang hilang dengan menggunakan nomor IMEI dapat dikatakan cukup aman. Karena privasi anda akan lebih terjaga.

Apabila anda sudah memperoleh nomor IMEI ponsel ada, maka langkah berikutnya dalam melacak HP hilang yang keadaannya mati dengan menggunakan nomor IMEI adalah menghubungi call center operator seluler smartphone.

Atau anda dapat menghubungi gerai operator penyedia jaringan. Beritahukan nomor IMEI serta ponsel anda kepada pihak operator selular.

Maka selanjutnya petugas akan memberitahu keberadaan ponsel anda yang hilang. Perlu anda ketahui, cara ini hanya dapat terdeteksi selama terdapat koneksi internet.

Jika ponsel yang hilang dalam keadaan mati, maka provider hanya dapat melacak lokasi terakhir saat kartu SIM anda masih aktif atau terpasang pada ponsel.

Cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dengan IMEI cukup sulit untuk anda lakukan. Karena salah satu syarat untuk melacak HP yang hilang dengan menggunakan IMEI adalah ponsel harus dalam keadaan menyala atau aktif, sehingga lebih mudah dalam proses pelacakan. Selain itu, melacak ponsel yang hilang dengan menggunakan IMEI dapat dikatakan kurang praktis serta kurang efisien karena melibatkan banyak pihak di dalamnya.

Leave a Comment