Cara Cek IMEI HP Xiaomi Lewat Website

IMEI HP Xiaomi pada umumnya bisa anda gunakan untuk mengecek keaslian dari ponsel anda tersebut. Mengecek IMEI HP juga bisa anda gunakan untuk mengetahui apakah HP anda resmi atau ilegal.

Xiaomi juga merupakan salah satu brand HP yang saat ini sedang banyak peminat, terutama masyarakat Indonesia. Untuk itulah, anda perlu waspada dengan adanya HP bajakan atau ilegal.

Mengingat saat ini pemerintah Indonesia juga akan memblokir ponsel yang ilegal. Sehingga anda perlu mengetahui keresmian HP anda tersebut agar tidak mengalami pemblokiran.

Jika anda mengalami kehilangan HP, anda bisa memanfaatkan nomor IMEI. Sebab nomor IMEI bisa membantu anda dalam melacak keberadaan HP anda yang hilang tersebut.

Ini Dia Cara Cek IMEI HP Xiaomi

Untuk mengecek IMEI HP, terlebih dahulu anda harus mengetahui nomor IMEI itu sendiri. Karena cara-cara berikut ini membutuhkan nomor IMEI anda secara lengkap.

Untuk mengetahui berapa nomor IMEI, anda bisa melihat pada dus HP tersebut. Karena HP asli akan lengkap dengan dus yang berisi nomor IMEI juga.

Tetapi jika anda sudah tidak memiliki dus dari HP Xiaomi anda tersebut, bisa melalui menu Pengaturan.

Pertama anda masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih menu Tentang Ponsel. Setelah itu, anda pilih menu Status, yang mana akan menampilkan nomor IMEI anda. Cara satu ini memang bisa kita katakan paling mudah untuk mengetahui nomor IMEI anda.

Untuk Xiaomi sendiri telah mencantumkan nomor IMEI pada bagian bodi belakang. Namun, cara cek IMEI HP Xiaomi ini terbilang kurang efisien karena untuk HP lama tulisan bisa saja pudar.

Cara lainnya untuk mengetahui nomor IMEI dengan mengetikan *#06# pada menu dial up. Anda juga bisa mengetahui informasi HP lebih lengkap dengan mengetikan *#*#4636#*#*.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan Mode Engineer untuk mengetahui nomor IMEI. Sama dengan cara sebelumnya, anda perlu membuka menu Pengaturan, lalu pilih Tentang Ponsel.

Selanjutnya gulir ke bawah hingga anda menemukan Versi Kernel, nanti akan muncul Engineering Mode. Anda bisa mengetahui nomor IMEI HP anda pada menu SW dan HW version.

Melalui Website Resmi Xiaomi

Apabila anda sudah mengetahui berapa nomor IMEI, inilah saatnya anda mengeceknya. Pertama, anda bisa mengecek nomor IMEI lewat website resmi milik Xiaomi.

Pengecekan nomor IMEI HP Xiaomi ini akan mengetahui apakah smartphone anda palsu atau asli. Tak hanya itu, cara ini juga bisa anda gunakan untuk mengecek masa garansi HP anda.

Anda hanya perlu membuka aplikasi browser anda dan ketikkan website resmi Xiaomi. Website resmi milik Xiaomi yang bisa anda buka adalah https://www.mi.com/global/verify/#/en/tab/imei.

Setelah itu, anda bisa memasukkan nomor IMEI yang anda dapatkan lewat cara-cara sebelumnya. Selanjutnya anda harus memasukkan kode verifikasi, lalu klik tombol Verify.

Nantinya akan muncul informasi tentang besar RAM, ROM, warna, dan juga nama perangkat. Cara ini sudah terjamin keakuratannya karena resmi milik Xiaomi sendiri.

Melalui Website Kemenperin

Selain cara sebelumnya, anda juga bisa mengecek IMEI lewat website milik Kementrian dan Perindustrian Indonesia. Cara ini tak hanya dapat anda terapkan untuk HP Xiaomi saja, melainkan bisa semua tipe HP.

Langkah pertama untuk cek IMEI HP Xiaomi yang harus anda lakukan juga sama dengan sebelumnya. Cukup membuka aplikasi browser pada HP anda dan ketikkan situsnya.

Website atau situs asli milik Kemenperin adalah https://imei.kemenperin.go.id. Selanjutnya anda harus memasukkan nomor IMEI yang sudah anda ketahui sebelumnya.

Setelah itu, untuk memulai proses pengecekan, silakan klik ikon Search pada bagian samping. Apabila HP sudah terdaftar, maka akan ada tulisan IMEI telah terdaftar di database Kemenperin.

Dengan begitu, anda bisa mengetahui informasi apakah IMEI tersebut sudah pemerintah validasi atau belum. Dengan adanya pernyataan IMEI anda sudah terdaftar di database Kemenperin, itu berarti ponsel anda tersebut resmi bukan ilegal.

Hal ini sangat penting untuk anda lakukan agar bisa menggunakan HP dengan nyaman dan aman. Apabila HP anda ilegal, tentu anda akan mengalami kerugian kedepannya.

Itulah beberapa cara cek IMEI HP Xiaomi melalui website dengan mudah dan akurat. Untuk mengantisipasi HP ilegal, anda harus mengecek keaslian IMEI HP anda tersebut.

 

Leave a Comment