30 Bisnis yang Laku Setiap Hari Cocok untuk Sumber Penghasilan

Pilihlah bisnis yang laku setiap hari agar cepat untung dan menghasilkan banyak uang. Pilihannya banyak, mayoritas adalah produk-produk kebutuhan pokok.

Contoh kebutuhan pokok yang dimaksud di sini adalah usaha yang berhubungan dengan pangan. Seperti warung makanan dan minuman.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa contoh usaha yang laku setiap hari. Anda dapat memilih salah satu untuk diterapkan di rumah.

Bisnis yang laku setiap hari dan berhubungan dengan makanan dan minuman (kuliner)

Berikut ini adalah beberapa pilihan usaha yang berhubungan dengan makanan dan minuman dan pasti laku setiap harinya:

1. Jualan bubur

Bubur menjadi menu andalan bagi sebagian besar orang. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga menyukai menu ini.

Bisnis yang laku setiap hari dan berhubungan dengan makanan dan minuman (kuliner) - Jualan Bubur

Sumber foto: Unsplash.com

Yang menarik, saat ini ada banyak sekali orang tua yang tidak punya cukup waktu untuk membuatkan makanan buat anaknya. Padahal jika usianya masih bayi, jelas bubur adalah makanan yang paling mudah dikonsumsi oleh mereka.

Menu ini pasti laku setiap hari. Asalkan produk yang Anda buat memiliki cita rasa yang enak sehingga memiliki pelanggan tetap.

2. Jualan menu sarapan

Selain bubur, ada banyak menu sarapan lain yang dapat Anda jual dan berpotensi laris. Hal ini karena tidak semua orang punya waktu untuk membuat makanan di pagi hari. Terbatasnya waktu karena pekerjaan menjadi salah satu alasannya.

Menu sarapan seperti nasi kuning, nasi uduk, nasi pecel, dan yang lainnya dapat menjadi menu pilihan yang paling banyak peminatnya.

3. Berdagang lauk dan sayur matang

Anda dapat secara khusus membuat menu lauk dan sayur untuk dijual tanpa nasi. Bisnis ini cocok untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan karena dibutuhkan banyak orang.

Sebagian besar orang punya waktu untuk menanak nasi karena tinggal pakai magic com, tapi karena kesibukan mereka tidak punya cukup waktu untuk mengolah sayur dan lauknya.

Bisnis ini cocok dijalankan di area perkotaan, khususnya di area perumahan. Akan tetapi, Anda juga tetap dapat mencoba membukanya di daerah desa.

4. Bakso

Siapa yang tidak suka bakso? Hampir semua orang menyukainya. Itulah mengapa produk yang satu ini pasti laku setiap hari. Persaingannya mungkin cukup ketat, tapi masing-masing orang memiliki rezeki sendiri-sendiri. Anda pun dapat memilih untuk berjualan di daerah yang belum disasar orang lain.

Agar cepat laku, lakukan pemasaran secara berkeliling. Pilih salah satu daerah yang potensial kemudian fokus untuk mendapatkan pelanggan di sana.

5. Mie ayam

Mi ayam juga menjadi salah satu menu cepat saji yang pasti laku. Hal ini karena mi merupakan menu favorit, tak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Meski memang jenis mi-nya berbeda-beda.

Bisnis yang laku setiap hari dan berhubungan dengan makanan dan minuman (kuliner) - Mie Ayam

Sumber foto: Unsplash.com

Konsep penjualannya biasanya dengan membuat warung atau dengan kata lain menunggu pembeli datang. Namun demikian, Anda juga boleh mencoba berdagang keliling agar cepat laku.

Bisnisnya akan cepat laris bila pemilihan tempatnya tepat dan rasa makanannya enak. Selain rasa dan tempat, kunci sukses bisnis ini juga terletak pada harganya.

6. Warung nasi (termasuk lalapan hingga geprek)

Membuka warung nasi merupakan solusi buat Anda yang ingin mendapatkan penghasilan harian. Anda dapat menjual menu apa saja. Contohnya, menu masakan rumahan, lalapan, hingga ayam geprek.

Yang jelas, sesuaikan menu makanan pilihan Anda dengan lidah orang di daerah Anda berjualan.

Selain itu, Anda juga harus membuat menunya terasa lezat sehingga mampu menjadikan pembeli biasa jadi pelanggan tetap.

7. Jualan kue basah

Saat pagi hari, biasanya ada banyak sekali penjual kue basah di beberapa titik. Menu seperti pastel, kue lumpur, lupis, dan yang lainnya menjadi andalan buat para penyuka camilan pagi hari ini.

Anda pun dapat menjualnya dengan sistem kulakan dari para pembuat kue. Atau bila Anda memiliki skill untuk membuatnya sendiri , tak ada salahnya sekalian buka pesanan snack kotakan. Umumnya, snack seperti ini dibutuhkan saat sedang ada pengajian atau acara-acar tertentu.

Bisnis ini mudah dikerjakan oleh siapa saja. Mulai dari ibu rumah tangga hingga mahasiswa. Tak heran bila jualan kue basah menjadi salah satu contoh usaha makanan ringan yang menjanjikan.

8. Cilok dan pentol bakar

Camilan satu ini disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Bentuknya yang kecil-kecil memudahkan pembeli untuk memakannya. Rasanya menyerupai bakso meskipun komposisi dagingnya lebih sedikit. Harganya murah dan membuat siapa saja dapat membelinya dengan mudah.

Dari penggambaran tersebut, cilok dan pentol bakar menjadi bisnis yang laku setiap hari. Karena pelanggan atau pangsa pasarnya luas.

9. Katering rumahan

Anda dapat membuka katering khusus masakan rumahan. Misalnya, menerima pesanan nasi kotak untuk acara-acara di lembaga tertentu, kampus, atau yang lain. Selain menyasar pasar corporate, Anda juga bisa menjajakan dagangan untuk kelas rumah tangga dengan menyediakan menu pagi, siang, dan malam.

Dengan begitu, pangsa pasar bisnisnya akan meluas dan Anda dapat menjadikannya sebagai sumber penghasilan.

10. Burger dan kebab

Menu makanan lain yang cukup banyak peminatnya adalah burger dan kebab. Menunya yang cepat saji dan rasanya yang enak bila dimakan dalam kondisi hangat merupakan salah satu sebab kenapa banyak yang menyukai produk ini.

Bisnis yang laku setiap hari dan berhubungan dengan makanan dan minuman (kuliner) - Burger

Sumber foto: Unsplash.com

Ada banyak sekali waralaba burger dan kebab di Indonesia. Harganya mulai jutaan sampai ratusan juta rupiah. Tinggal pilih saja salah satu waralaba yang sesuai dengan budget Anda saat ini.

11. Nasi goreng

Menu makanan untuk malam hari ini juga jadi favorit banyak orang. Agar laris, Anda dapat menjualnya di salah satu spot yang strategis, membuka warung khusus nasi goreng, atau berjualan keliling.

Dengan begitu, bisnis yang laku setiap hari ini akan dapat dijadikan sumber penghasilan bulanan. Terlebih, jualan nasi goreng juga bisa dijadikan sebagai usaha sampingan karena di siang hari Anda tetap bisa melakukan pekerjaan lainnya.

12. Jual minuman (contoh: jus buah, cappucino cincau)

Minuman merupakan bisnis yang memiliki profit margin besar. Dengan modal yang kecil Anda dapat menjalankan bisnis dengan persentase laba mencapai 50 % hingga 100 %.

Jenis minuman yang dapat Anda jual di antaranya adalah es teh, cappuciIno cincau, coklat, boba, hingga jus buah. Ada banyak pilihannya. Silakan disesuaikan saja.

13. Bakery

Jualan roti, donat, dan semacamnya juga dapat laku setiap hari. Hal ini karena ada banyak orang yang terkadang merasa bosan dengan nasi dan ingin mencoba menu lainnya sebagai pengganjal perut.

Yang terpenting dari bisnis ini adalah rasa rotinya dan teknik pemasaran yang tepat.

14. Jual kerupuk

Berjualan kerupuk memang rasanya sepele akan tetapi ternyata keuntungannya lumayan besar bahkan bisa dijadikan penghasilan bulanan.

Anda dapat memilih jenis kerupuk yang banyak disukai orang, kemudian digoreng dalam jumlah yang banyak.

Penjualannya dapat dilakukan secara langsung ke pembeli dan dititipkan ke warung-warung dengan menyediakan kaleng kerupuk sendiri.

15. Warung kopi

Kopi menjadi menu favorit bagi kaum pria. Bahkan, sebagian wanita juga menyukai minuman satu ini. Yang membedakan kopi dengan usaha minuman lainnya adalah menu ini sangat cocok dinikmati sambil kongkow. Bukan sekedar beli langsung dibawa pulang.

Usaha yang laku setiap hari: barang atau bahan mentah

Usaha yang laku setiap hari barang atau bahan mentah

Sumber foto: Unsplash.com

Selain makanan matang sebagaimana ditulis di atas, ada beberapa pilihan usaha yang menyediakan barang mentah dan pasti laku bila dijalankan. Berikut ini beberapa rekomendasinya:

16. Pedagang sayur

Sayur segar merupakan menu pertama yang dapat Anda andalkan sebab pasti dibutuhkan oleh ibu rumah tangga setiap hari. Bahan ini dibutuhkan setiap pagi untuk memasak.

Tak hanya berjualan di pasar, sayur juga dapat dijual secara keliling. Yang menarik, setinggi apa pun persaingannya, produknya tetap akan laku. Tak jarang, produknya akan langsung habis terjual dalam sekali keliling.

Itulah mengapa usaha ini sangat direkomendasikan sebagai bisnis yang laku setiap hari cocok untuk sumber penghasilan.

17. Toko sembako

Tidak hanya sayur, Anda juga dapat mencoba buka toko sembako. Produk dari toko ini selalu dibutuhkan karena merupakan barang-barang pokok. Misalnya, beras, gula, telur, minyak goreng, bumbu dapur, hingga jajan anak-anak dan kopi sachet.

Selain pasti laku, toko sembako juga menjadi bisnis yang cocok dijalankan sebagai usaha sampingan dengan konsep rumahan. Artinya, Anda tak perlu menyediakan uang untuk sewa tempat bila memang rumah Anda sudah terletak di pinggir jalan.

18. Jualan ikan segar

Berjualan ikan segar seperti lele, gurame, nila, patin, tongkol, hingga cumi-cumi juga bisa memberikan penghasilan bulanan. Produk ini merupakan bahan untuk membuat lauk yang dibutuhkan oleh orang setiap hari.

Selain itu, pelanggannya juga bisa datang dari pembuat olahan ikan seperti abon, sambal seafood, warung makan, dll.

19. Berjualan ayam kiloan

Tukang sayur memang sudah menyediakan ayam kiloan, tapi kalau Anda mau membuka usaha khusus ayam kiloan, maka ini juga akan menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

Pasalnya, pembeli lebih leluasa dalam memiliki bagian dari daging yang dijual apabila langsung membeli di penjual ayam. Apakah mau paha, dada, atau justru bagian cekernya saja.

Hal ini berbeda dengan pembelian yang dilakukan di tukang sayur, di mana ayamnya sudah ditimbang dengan bagian tertentu.

Selain itu, saat hendak masak besar, ibu rumah tangga pasti butuh beli ayam dalam jumlah yang banyak. Tentu saja, pilihannya adalah dengan membeli langsung ke penjual ayam.

20. Minimarket / swalayan

Minimarket memang hampir sama dengan toko sembako. Bedanya hanya di konsep penjualan dan kelengkapan produk. Selain itu, di sini sistemnya juga sudah cukup jelas karena ada karyawannya sendiri dan sudah terkenal.

Bila Anda punya modal untuk membeli franchise-nya, tidak ada salahnya mencoba membuka bisnis ini. Penghasilan bulanan yang jelas akan segera Anda dapatkan.

21. Pulsa

Berjualan pulsa, paket data, dan jasa pembayaran juga pasti laku setiap hari. Apalagi jika Anda menambahkan item seperti kartu perdana hingga HP bekas.

22. Apotek

Di masa sekarang, ada saja masalah kesehatan yang muncul secara tiba-tiba. Hal ini membuat usaha apotek menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan karena laku setiap hari.

Membuka jasa apotek memang butuh modal yang cenderung besar karena butuh menyiapkan tempat dan mengisi produk dengan varian lengkap. Akan tetapi, bila Anda bisa menyediakan modalnya, maka modal tersebut akan BEP dalam waktu yang singkat.

23. Jual bensin atau pertamini

Bensin atau bahan bakar kendaraan lain merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Maka dari itu, SPBU tak pernah sepi pembeli.

Bila saat ini Anda belum memiliki cukup modal untuk membuka SPBU besar, maka cobalah beli alat pertamini yang harganya 15 jutaan.

Kalau modal segitu juga masih terasa berat, cobalah buka lapak bensin kecil-kecilan khusus untuk eceran. Yang jelas, bisnis ini harus dijalankan di pinggir jalan supaya para pengguna mode transportasi bisa langsung membelinya di tengah perjalanan saat kehabisan bensin.

24. Fotokopi dan alat tulis

Fotokopi dan alat tulis juga menjadi salah satu bisnis yang laku setiap hari. Kalau ingin lebih laku, item yang dijual harus lebih bervariasi. Pilih produk yang selalu dibutuhkan masyarakat sekitar.

Bisnis yang laku setiap hari khusus untuk sektor jasa

Apabila Anda ingin usaha yang laku setiap hari dengan profit yang besar, maka memilih bisnis sektor jasa adalah pilihan yang dapat kami rekomendasikan. Di antara pilihan usahanya adalah:

25. Laundry

Saat ini, ada banyak sekali jenis laundry, mulai dari laundry pakaian kiloan, sepatu, hingga dry clean khusus untuk produk yang butuh penanganan khusus.

Usaha yang laku setiap hari barang atau bahan mentah

Sumber foto: Unsplash.com

Silakan pilih salah satu yang sesuai passion dan dibutuhkan oleh masyarakat tempat tinggal Anda. Sebagai contoh laundry pakaian kiloan. Bisnis ini sangat ramai pengunjung, khususnya saat musim hujan di daerah ramai, dekat kampus atau kos-kosan.

26. Cuci mobil/motor

Cucian mobil dan motor juga memiliki pangsa pasarnya sendiri. Bisnis ini bukan tergolong ke dalam bisnis musiman sehingga pasti laku setiap hari.

27. Jasa ekspedisi

Ekspedisi menjadi usaha yang sangat diperlukan di era digital seperti sekarang. Maraknya penjualan online di seluruh Indonesia menjadi alasan kenapa bisnisnya sangat potensial.

Kabar baiknya, meski tidak bisa bergabung dengan ekspedisi yang sudah terkenal, Anda dapat membuka jasa ekspedisi sendiri untuk wilayah dalam kota. Cobalah bekerja sama dengan pebisnis kecil yang membutuhkan pengiriman cepat atau COD yang sehari sampai.

Kecepatan dan keamanan dalam pengiriman merupakan kunci sukses keberhasilan usaha yang laku setiap hari ini.

28. Bengkel dan tambal ban

Hampir setiap hari ada kendaraan yang mengalami kerusakan. Entah bannya bocor, akinya habis, mogok, atau kondisi lainnya. Kebutuhan seperti ini sifatnya mendesak dan butuh penanganan segera.

Nah, jika Anda punya modal dan sedikit banyak memiliki skill di bidang ini, maka tak ada salahnya membuka usaha bengkel dan tambal ban. Agar laku setiap hari, komponen produk yang dijual harus beragam.

29. Tempat penitipan anak

Di perkotaan, ada banyak sekali orang tua yang bingung mau menitipkan anaknya ke mana saat mereka harus bekerja. Sementara upah ART juga sangat tinggi dan agak sulit mencari yang terpercaya.

Maka dari itu, bisnis tempat penitipan anak sangat menjanjikan dan bakal laku setiap hari. Apalagi biasanya kontraknya bulanan. Kebanyakan orang berebut ingin memasukkan anaknya ke daycare atau TPA terpercaya. Sayangnya kuota TPA kadang habis duluan.

30. Sewa odong-odong atau mainan anak

Bila Anda bisa menemukan spot strategis untuk menyewakan permainan anak atau odong-odong, maka ini bisa menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Modal yang dibutuhkan sekitar 10 sampai 15 jutaan, tapi bisnisnya termasuk menjanjikan karena keuntungannya besar.

Pekerjaannya pun simpel, hanya menunggu dan memperhatikan anak yang main saja.

Itulah beberapa rekomendasi bisnis yang laku setiap hari dan dapat dijalankan untuk mendapatkan penghasilan bulanan. Selamat memilih yang terbaik dan semoga sukses.

Leave a Comment