20 Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal yang Menguntungkan

Memangnya ada bisnis online tanpa modal? Ada, banyak pilihannya. Dari usaha yang berhubungan dengan barang hingga full online yang mengandalkan skill.

Dengan memilih usaha tersebut, Anda dapat menghasilkan banyak uang dan menjadikannya sebagai sumber penghasilan bulanan. Bisnisnya dapat dijalankan oleh siapa saja. Dari ibu rumah tangga, karyawan, hingga mahasiswa.

Sistem pekerjaannya pun beragam. Anda dapat menjadikannya sebagai bisnis rumahan atau sampingan. Selain itu, juga dapat dijadikan sebagai satu-satunya penghasilan dengan menjalankannya secara full. Tidak setengah-setengah.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa pilihan usahanya. Jadi, selamat menyimak sampai selesai untuk mengetahui detailnya.

Contoh rekomendasi bisnis online tanpa modal yang berhubungan dengan penjualan barang

Berikut ini adalah beberapa contoh profesi atau pekerjaan yang dapat dikerjakan secara online tanpa memerlukan modal sama sekali. Kalau pun butuh modal, paling hanya perangkat yang setiap hari Anda gunakan, yakni smartphone atau laptop.

1. Dropship dari toko online

Contoh rekomendasi bisnis online tanpa modal yang berhubungan dengan penjualan barang - Dropship dari Toko Online

Sumber foto: Unsplash.com

Saat mendengar kalimat “bisnis tanpa modal”, maka dropship adalah salah satu pilihan usaha yang paling sering muncul di benak seseorang. Hal ini karena dengan menjadi dropshipper, seseorang tidak perlu membeli atau mengumpulkan stok barang.

Cara kerjanya sangat sederhana, yakni dengan menjadi penghubung antara supplier toko online dengan pembeli yang dikenal maupun orang baru yang belum dikenal sebelumnya.

Misalnya, Anda kenal dengan supplier baju muslim. Maka sebagai dropshipper-nya, silakan jual langsung produk mereka kepada teman di media sosial, tetangga, atau bahkan membuat toko online sendiri di marketplace tertentu.

Saat ada transaksi pembelian dari customer, silakan membeli langsung dari supplier melalui marketplace dengan mengisi kolom dropshipper pada saat checkout.

Harga jual yang ditetapkan tentu sudah memiliki nilai margin sendiri. Agar aman, sebaiknya Anda berkomunikasi dengan supplier sekaligus meminta izin pada mereka untuk melakukan dropshipping atas produk mereka.

Akan lebih baik lagi jika Anda memilih supplier yang komunikasinya bagus dan mau memberikan jawaban dengan cepat.

2. Buka jasa titip online

Jasa titip online merupakan salah satu bisnis sampingan yang cukup dapat diandalkan. Pasalnya, usaha ini tidak membutuhkan modal. Di sini, Anda baru akan mencarikan produk yang dipesan oleh customer setelah terjadi transaksi titip.

Artinya, bisnis ini tidak perlu menyediakan stok barang di rumah.

Misalnya, si A tinggal di Malang dan membuka jasa titip oleh-oleh khasnya, yakni keripik buah dan strudel Malang ala Teuku Wisnu.

Maka saat ada yang menitip produk tersebut dan melakukan pembayaran, si A baru akan mencarikan produknya. Tentu saja, sudah terjadi kesepakatan upah jasa antara si A dengan pembeli.

3. Menjual barang bekas secara online

Jika Anda memiliki barang bekas yang tidak terpakai, tidak ada salahnya untuk memperindahnya sebentar kemudian menjualnya di beberapa marketplace khusus barang bekas. Misalnya, menjual barangnya di OLX.

Contoh bisnis online tanpa modal - Jual Barang Bekas Online

Sumber foto: Unsplash.com

Beberapa produk yang mungkin dijual adalah smartphone lama, laptop, hingga baju-baju bekas yang masih layak pakai.

Untuk menjalankan ini, tidak dibutuhkan modal sama sekali. Cukup buat akun di marketplace-nya kemudian lakukan pemasaran secara telaten.

Bila sudah banyak yang membeli produknya, maka uang tersebut dapat Anda kumpulkan untuk berjualan produk barang bekas lain dengan membeli dari tengkulak. Perputaran uang semacam ini berpotensi berkembang apabila dijalankan dengan serius dan telaten.

4. Jadi makelar online

Apabila punya jaringan yang luas, Anda pun dapat menjadi makelar online.

Untuk menjalankan bisnis online tanpa modal yang menguntungkan ini, Anda butuh banyak kenalan dari pemilik tanah, mobil bekas, motor bekas, atau benda lainnya.

Kemudian, perluas jaringan dengan cara memperbanyak teman facebook yang loyal, teman kampus, dan yang lainnya. Merekalah calon pembelinya nanti.

Bergabunglah dengan grup-grup jual beli di FB atau media sosial lain untuk memasarkan produk mobil dan motor bekas hingga tanahnya.

Sistem pendapatannya umumnya berupa persentase dari harga jual yang Anda berikan kepada pembeli. Tergantung kesepakatan, apakah uangnya akan didapatkan dari pembeli atau pemilik barangnya. Tapi kebanyakan dari pemilik barangnya.

Jenis usaha online tanpa modal yang menguntungkan (full online)

Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis yang apabila dikerjakan secara full, potensinya sangat luar biasa karena dapat menghasilkan sampai puluhan juta per bulan:

5. Jadi blogger

Blogger merupakan salah satu usaha yang sangat menjanjikan. Usaha ini butuh skill menulis. Jadi, apabila Anda sudah punya bekal ini, silakan lanjutkan dengan membuat blog.

Jenis usaha online tanpa modal yang menguntungkan - Blogger

Sumber foto: Unsplash.com

Kalau ingin yang gratis, silakan coba buat di blogspot atau wordpress. Kelola blognya dengan rajin supaya pengunjungnya bertambah. Bila sudah mendapat banyak pengunjung, silakan daftarkan akun ke Google Adsense.

Pasang iklan adsense bila pengajuan sudah diterima dan mendapatkan kode iklan.

6. Jadi penulis online

Selain menjadi blogger, skill menulis juga dapat dimanfaatkan untuk membuka jasa penulisan artikel. Bergabunglah dengan situs-situs yang membuka kesempatan untuk berbagi artikel dan dapatkan uang dari sana.

Selain itu, ada pilihan lain yang jauh lebih menjanjikan yakni dengan membuka jasa sendiri. Di sini, Anda dapat menentukan tarif tulisannya sendiri. Caranya adalah dengan bergabung dengan grup-grup para pemilik blog atau situs.

Selain itu, silakan buka jasanya dengan membuat website penulisan artikel sendiri agar pasarnya lebih luas.

7. Jasa terjemah online

Skill terjemah kini juga dapat dimanfaatkan secara online tanpa perlu mengeluarkan biaya khusus. Cukup buka saja jasanya melalui internet, maka Anda akan memperoleh banyak pelanggan asalkan promonya dilakukan secara serius.

Selain itu, pastikan bahwa hasil terjemahnya bagus sehingga orang yang memesan puas dengan hasilnya.

Beberapa contoh pelanggan jasa terjemah adalah terjemah buku, jurnal, drama, film, dan yang lainnya.

8. Membuka les atau kursus online

Jika Anda memiliki kemampuan untuk mengajar mata pelajaran tertentu, tak ada salahnya untuk membuka kursus atau les online. Untuk membuka bisnis online tanpa modal ini, yang dibutuhkan hanya penguasaan materi yang baik.

Jika Anda mahir matematika, silakan buka les matematika. Kalau ingin fokus di materi mengaji, bukalah kursus mengaji. Hal sama juga berlaku untuk kursus lain yang berbasis skill atau pengetahuan lain yang Anda kuasai.

9. Menjadi Youtuber

Sudah banyak orang yang memilih jadi Youtuber. Meskipun pesaingnya sangat banyak, bisnis ini tetap memiliki prospek yang bagus asalkan pintar mencari niche yang sesuai.

Jenis usaha online tanpa modal yang menguntungkan (full online) - Youtuber

Sumber foto: Unsplash.com

Selain memastikan bahwa niche yang dipilih tepat, Anda juga harus menguasai teknik videografi dan editing yang bagus sehingga konten yang diunggah dapat dinikmati oleh para viewers dan subscribers dengan nyaman.

Sistem kerja dari youtube adalah membuat konten yang bagus, kemudian mendapatkan view dan subscriber. Apabila channel-nya sudah memenuhi syarat untuk didaftarkan ke Google Adsense, maka silakan ajukan diri.

Tunggu sampai pengajuannya disetujui dan Anda dapat memasang iklan untuk setiap konten yang diunggah di Youtube.

10. Buka jasa SEO

SEO atau Search Engine Optimization menjadi salah satu skill yang sangat dibutuhkan di dunia digital. Lewat skill ini, seseorang dapat mengelola website, channel, dan konten lainnya secara mudah.

Jenis usaha online tanpa modal yang menguntungkan - jasa SEO

Sumber foto: Unsplash.com

Hal ini karena SEO memungkinkan Anda untuk mendapatkan peringkat pertama di halaman pencairan sehingga jumlah kunjungan pada website bertambah dan jumlah view di channel meningkat.

Masalahnya, tidak semua orang dapat menerapkan SEO dengan baik. Bahkan, tidak sedikit yang kurang paham mengenai cara kerja SEO.

Dari sinilah muncul sebuah peluang untuk membuka jasa konsultan SEO. Anda dapat mulai dengan membuka jasa research keyword, memaksimalkan niche, hingga cara penulisan artikelnya. Semuanya menjadi satu kesatuan yang akan mendatangkan banyak uang dan menjadi sumber penghasilan bulanan.

11. Mengelola akun di instagram

Saat ini sudah banyak orang yang menjadi selebgram. Ada yang membuat akun pribadi untuk jadi seorang artis di instagram, ada pula yang mengelola akun dengan niche tertentu.

Keduanya sama-sama menguntungkan karena dapat mendatangkan iklan berupa paid promote. Anda dapat memperoleh penghasilan dari iklan tersebut. Yakni dengan terhubung langsung dengan pengiklannya.

Perbedaan dari pengelolaan akun pribadi dan akun ber-niche di atas hanya pada konsepnya saja. Di mana untuk akun pribadi, Anda akan menjadi seseorang yang terkenal atau lebih sering disebut selebgram.

Namun apabila Anda lebih suka jadi pribadi yang bekerja di belakang layar, maka pilihlah tema konten yang Anda kuasai dan bagikan dalam bentuk tulisan. Misalnya adalah akun informasi, berita, dan yang lainnya.

Kalau opsi kedua ini, skill yang dibutuhkan adalah pembuatan desain grafis atau infografis. Tak perlu khawatir soal skill ini, sebab sudah banyak aplikasi pembuatan fotografis yang dapat Anda unduh gratis di Play Store.

12. Mengelola grup di facebook

Facebook merupakan salah satu platform yang dapat diandalkan untuk mendapatkan uang. Caranya adalah dengan membuat grup dan grab pengikut sebanyak-banyaknya. Grup selain dapat diperjualbelikan juga dapat dibuat menjadi grup berbayar.

Contoh untuk grup berbayar adalah sebuah grup yang berisi informasi dan pelajaran penting kemudian dibuat tertutup. Bagi orang yang mau bergabung, ada uang yang harus dibayarkan.

13. Jadi podcaster

Podcaster merupakan salah satu kesempatan yang dapat diambil apabila Anda punya keahlian dalam bercerita, anchor, atau yang lainnya.

Bahan yang dapat digunakan adalah artikel blog atau Anda dapat membuat materinya sendiri kemudian membacanya. Gunakan platform seperti Spotify untuk menjangkau lebih banyak pendengar.

14. Jasa pembuatan website

Saat ini, ada banyak sekali toko online hingga perusahaan yang membutuhkan website. Seiring dengan berkembangnya dunia digital, para pebisnis harus ikut membuat gebrakan supaya lebih dekat dengan para pelanggannya.

Nah, apabila Anda bisa membuat website dan dapat mengelolanya dengan baik, maka bisnis pembuatan website ini sangat menjanjikan untuk dijalankan.

Harga pembuatan jasa website termurah ada di angka 2,5 jutaan. Harganya dapat meningkat tergantung spesifikasi website seperti apa yang dibutuhkan si pemesan.

Anggap saja Anda bisa mengerjakan 4 website dalam sebulan, maka uang 10 juta sudah bisa langsung Anda kantongi. Kerjanya mudah dan dapat dijalankan kapan saja di mana saja.

15. Buka jasa desain grafis

Punya keahlian desain? Cobalah buka jasa desain grafis. Bisnis ini juga memiliki upah yang cukup tinggi sehingga sangat menjanjikan.

Meski saat ini ada banyak sekali persaingan di bisnis ini, termasuk dari aplikasi desain instan, faktanya jasa desain grafis tetap saja dibutuhkan.

Hal ini karena kebanyakan aplikasi desain instan menawarkan desain yang tidak unik, yakni lewat pilihan template dan tema tertentu.

Berbeda dengan jasa desain grafis yang membuat desainnya secara manual sehingga hasilnya unik dan tidak ada yang menyamai. Sangat cocok untuk membuat logo, banner, undangan, dan desain-desain lainnya.

16. Gamer online

Jika Anda suka bermain game online, maka lakukanlah dengan serius. Saat ini, ada banyak sekali penjualan item hingga akun yang nominalnya lumayan besar.

Bila Anda berhasil mengelola akun gamer sehingga menempati level yang cukup tinggi, harganya bisa sampai belasan juta rupiah hanya untuk satu akun.

17. Afiliasi

Pembayaran bisnis afiliasi ini berbentuk komisi. Misalnya, Anda membuat blog, di blog tersebut Anda menuliskan artikel dan menyertakan link produk untuk pembelian ke Amazon.

Apabila orang yang mengklik tautannya jadi membeli produk tersebut, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan komisi. Itu artinya Anda berafiliasi dengan amazon.

Saat ini, ada banyak sekali situs jual beli yang membuka kesempatan berafiliasi. Jadi, jika Anda punya blog dan berniat ikut afiliasi, maka silakan daftarkan blog Anda pada situs-situs marketplace yang membuka kesempatan tersebut.

Dengan begini, kesempatan untuk mendapatkan uang jadi terbuka lebar.

Untuk menjalankan bisnis online tanpa modal ini, silakan tulis artikel yang isinya sesuai dengan produk yang link-nya Anda bagikan. Jadi, isi konten yang Anda buat dapat linear.

18. Jual hasil foto

Kalau Anda punya hobi fotografi maka tak ada salahnya membuka jasa hasil foto. Bisnis ini dapat dijalankan tanpa modal yakni dengan memanfaatkan kamera HP atau smartphone.

Ada banyak sekali situs yang mau membayar hasil foto Anda, salah satunya adalah iStock. Silakan bergabung dan masukkan foto-foto menarik ke dalamnya.

Jangan terlalu rumit dalam memikirkan ide fotonya. Sebab foto-foto sederhana ternyata juga banyak dibutuhkan. Contohnya, foto makanan Indonesia, rupiah, dan hal-hal tentang keseharian Anda.

19. Mengelola tik tok

Tik Tok menjadi Platform yang cukup populer akhir-akhir ini. Di sini, Anda dapat membuat beragam konten. Dari yang lucu hingga informatif.

Sama dengan instagram dan facebook, Anda pun bisa mendapatkan uang dari setiap konten yang Anda buat di TikTok, yakni dengan menjadi selebgram di platform tersebut.

Caranya adalah dengan membuat konten menarik kemudian mendapatkan banyak pengikut. Bila sudah terkenal, Anda dapat mengoptimasinya dengan memanfaatkan iklan atau menjual akunnya dengan harga tertentu.

Bila Anda memilih untuk menjual akun tersebut, maka sebaiknya buatlah akun lebih dari satu. Supaya saat yang satu terjual, Anda bisa fokus untuk mengembangkan akun lainnya.

20. Membuat konten di facebook

Selain lewat grup, optimasi facebook juga dapat dilakukan melalui video.

Saat ini, facebook memberikan kesempatan kepada para penggunanya untuk membuat konten video dan mendapatkan uang dari konten tersebut.

Artinya, selain lewat Youtube, Anda dapat menghasilkan uang dari video lewat FB. Caranya hampir sama dengan membuat konten di Youtube, yakni dengan membuat konten video yang paling banyak disukai orang kemudian memasanginya iklan saat sudah banyak penontonnya.

Sama dengan Youtube, FB juga memiliki beberapa macam pilihan. Mulai dari iklan in-stream hingga konten bermerek. Tinggal disesuaikan saja dengan konten yang Anda buat dan opsi yang paling masuk akal untuk Anda ambil.

Itulah beberapa rekomendasi bisnis online tanpa modal yang dapat dicoba. Sebagian besar bisnis di atas termasuk bisnis yang laku setiap hari dan cocok dijadikan sumber penghasilan. Hanya saja, fokusnya memang online. Jadi, pilihan untuk menjalankannya secara serius atau tidak berada di tangan Anda.

Leave a Comment