×
HOME INDONESIA 2018 PARAGAMES SPECTATOR GUIDE NEWS VOLUNTEER TENDER
Tak Mau Boros, INAPGOC Terapkan Efisiensi

Tak Mau Boros, INAPGOC Terapkan Efisiensi

July 3, 2018

Ketua Panita Pelaksana Indonesia 2018 Asian Para Games, INAPGOC, Raja Sapta Oktohari menegaskan bahwa pihaknya tak akan mengambur-hamburkan anggaran negara dalam pelaksanaan ajang olahraga khusus atlet penyandang disabilitas, Asian Para Games 2018 yang akan berlangsung pada 6-13 Oktober mendatang. Prinsip efisiensi, menjadi yang utama ada dalam langkah INAPGOC.

Salah satu cara yang diambil oleh INAPGOC untuk menekan anggaran adalah dengan tidak asal beli semua kebutuhan. Mereka mencoba untuk bersinergi dengan panitia Asian Games Indonesia 2018, INASGOC, untuk beberapa kebutuhan perlengkapan.

“Kami ada beberapa yang memilih untuk pinjam kepada INASGOC. Ini tujuannya agar menurunkan budget. Kami akan pinjam, sehingga kami tidak membuang-buang uang negara,” tegas Okto.

Okto sudah menunjukkan pada test event yang bertajuk Indonesia Para Games Invitational Tournament di kompleks olahraga Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, pada 27 Juni sampai 3 Juli ini.

“Banyak yang bilang kalau test event yang kami laksanakan ini rapi, ini karena kami belajar dari INASGOC. Kami mencoba efisien dan belajar banyak dari test event mereka. Kami jadikan pihak INASGOC sebagai narasumber seminar dan pelatihan. Sehingga kami dapat referensi untuk kemudian kami maksimalkan di test event kami ini,” ungkapnya.

Okto mencontohkan, bahwa dalam pelaksanaan Asian Games nanti, bakal banyak fasilitas yang dibuat oleh INASGOC untuk memudahkan penonton ataupun tamu VIP atau VVIP dalam gelaran Asian Games 2018 nanti. Dari ajang itu, nanti akan ada beberapa perlengkapan atau fasilitas yang masih bisa dimanfaatkan oleh INAPGOC, akan dipinjam.

“Kami tahu ini uang negara, kami akan berusaha seefisien mungkin dengan langkah-langkah kami yang sudah terlihat di test event ini,” ungkap Okto.