×
HOME INDONESIA 2018 PARAGAMES SPECTATOR GUIDE NEWS VOLUNTEER TENDER
Pendaftaran Relawan Asian Para Games 2018 Dibuka!

Pendaftaran Relawan Asian Para Games 2018 Dibuka!

April 19, 2018

Jakarta. Pertanyaan yang kerap dilontarkan masyarakat pada Panitia Pelaksana Indonesia 2018 Asian Para Games akhirnya terjawab juga. Pendaftaran relawan untuk Asian Para Games 2018 secara resmi dibuka!

Proses pendaftaran relawan Asian Para Games 2018 akan berlangsung pada 21 April hingga 31 Juli 2018 dan pendaftaran bisa dilakukan melalui situs web resmi Asian Para Games 2018, yaitu www.asianparagames2018.id/volunteer.

Anggota INAPGOC dari Divisi Arrival, Departure & Volunteer, Rezza D. Brammadita, mengatakan Asian Para Games akan melibatkan kurang lebih 8.000 relawan yang berasal dari berbagai kalangan.

“Kami memperkirakan relawan akan datang dari kalangan mahasiswa, komunitas penyadang disabilitas, masyarakat umum, dan juga warga asing. Keterlibatan relawan dari berbagai latar belakang ini menjadi bukti kesiapan Indonesia dalam menyelenggarakan kegiatan multi sport yang inklusif,” ujar Rezza, Kamis (19/4).

Dia juga menjelaskan dibukanya peluang untuk warga negara asing terlibat sebagai relawan karena Asian Para Games 2018 adalah kegiatan internasional sehingga perlu adanya keterlibatan relawan dari luar negeri.

Jika tertarik mendaftar sebagai relawan, anda harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti berumur minimal 18 tahun pada saat pendaftaran, memiliki ketertarikan untuk terlibat dalam kegiatan multi sport internasional, dan harus siap ditugaskan secara penuh demi menyukseskan Asian Para Games 2018. Bila semua persyaratan itu terpenuhi, siapkan beberapa kelengkapan ini: Kartu Tanda Penduduk, Ijazah pendidikan terakhir, dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), untuk diunggah saat pendaftaran di situs web.

Menguasai bahasa asing, minimal Bahasa Inggris adalah sebuah keharusan. Jika anda menguasai bahasa asing lain, seperti Mandarin, Jepang, Korea, Arab, atau Rusia, itu adalah nilai tambah yang membuat posisi anda menguntungkan.

Jika sudah mengisi data diri dan mengunggah semua persyaratan melalui situs web, anda akan menjalani tahap wawancara jika dianggap memenuhi syarat. INAPGOC tidak menyediakan transportasi maupun akomodasi bagi para pelamar yang dipanggil dalam tahapan wawancara.

Para relawan yang terpilih nantinya akan terlibat secara langsung dalam penyelenggaraan Asian Para Games 2018, yang berlangsung 6-13 Oktober. Mereka akan berinteraksi dengan sekitar 3.000 atlet dan ofisial dari 43 negara, yang akan berkompetisi di 18 cabang olahraga dengan 556 nomor pertandingan. Divisi Accomodation, Catering & Athlete’s Village akan mendapat kuota relawan terbanyak, yaitu 1.825 orang.

“Salah satu keuntungan jika terpilih sebagai relawan adalah anda akan mendapatkan berbagai pelatihan yang menunjang tugas sebagai relawan, seperti cara berbicara di depan umum, cara pemecahan masalah, cara menangani atlet dengan disabilitas, dan tentunya juga pelatihan spesifik tentang divisi di mana anda akan ditugaskan,” kata Rezza lagi.

Sebagai bagian dari komitmen membuat Jakarta ramah untuk kaum difabel, INAPGOC mengalokasikan lima persen dari total 8.000 relawan untuk komunitas penyandang disabilitas. Untuk memberikan kenyamanan pada para relawan, INAPGOC sedang melakukan finalisasi terkait akomodasi yang akan disediakan untuk relawan pada saat test event dan juga saat penyelenggaraan Asian Para Games 2018.

Sebelumnya, INAPGOC sudah melakukan rekrutmen koordinator relawan, yang prosesnya dimulai Desember tahun lalu. Dalam proses seleksi yang berlangsung seminggu itu, sub divisi relawan telah merekrut 150 orang untuk posisi koordinator relawan.